Iklan Banner Sukun
Ragam

Bisa Menyebabkan Koma, Deretan Menu Sarapan yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes

Beberapa jenis jus buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes saat sarapan. (Sumber foto: pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi penderita diabetes tentunya tidak bisa leluasa dalam mengonsumsi makanan maupun minuman lantaran mereka harus menjaga kadar gula agar tetap stabil.

Pasalnya, jika terjadi peningkatan kadar gula pada penderita diabetes bisa menimbulkan dampak pada kesehatan, seperti kelelahan, pusing, penyakit jantung, hingga kehilangan kesadaran.

Maka penderita diabetes dianjurkan selektif dalam memilih makanan untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Nah, berikut pilihan menu sarapan yang harus dihindari penderita diabetes yang harus Anda ketahui.

1. Roti Non-gandum, Pasta, dan Nasi Panas
Menu pertama yang harus diperhatikan agar tidak Anda sentuh adalah roti non-gandum, pasta, dan nasi panas atau hangat. Sebab ketiga menu ini mengandung tinggi karbohidrat. Dilansir dari Heathline bahwasannya sebuah penelitian menjelaskan jika pasta bebas gluten tidak menjamin makanan bebas dari gula.

Oleh karena itu, jenis makanan ini tidak baik untuk penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2. Studi lain juga mengungkap jika makanan berkabohidrat tinggi dapat menurunkan menurunkan fungsi otak pada penderita diabetes tipe 2.

Nah, Anda dapat mengganti ketiga makanan ini dengan makanan yang berserat tinggi, untuk memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

2. Pancake
Tidak hanya itu, menu pancake juga tidak disarankan bagi penderita diabetes untuk mengonsumsinya ketika sarapan. Sebab mentega dan sirup maple yang ditaburi diatas kue ini memiliki tinggi lemak jenuh.

3. Yoghurt Rasa Buah
Pasti Anda sudah tau, jika yoghurt memiliki banyak macam rasa, namun yoghurt dengan rasa buah bukan pilihan baik untuk penderita diabetes.

Pasalnya yoghurt yang memiliki rasa umumnya terbuat dari susu rendah lemak dan serat, serta dicampur dengan kandungan karbohidrat dan gula. Maka hal ini dapat meningkatkan gula darah dan insulin dalam tubuh.

4. Kentang Goreng
Meskipun kentang dapat mengendalikan kadar gula darah, namun jika diolah dengan cara digoreng memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Walaupun digorengnya menggunakan minyak sayur, malah terbukti menghasilkan 36,5 gram karbohidrat.

5. Krim Keju dan Bagel
Menurut ahli Diabetes Lifestyle, Tomi Smithson jika bage dapat menambahkan lebih dari 50 gram karbohidrat jika dimakan untuk sarapan.

Tidak hanya itu, krim keju juga tidak disarankan, pasalnya mengandung kabohidrat dan lemak jenuh.

6. Jus Buah
Jus buah memang memiliki manfaat untuh kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi pada pagi hari tidak dianjurkan untuk penderita diabetes. Penyebabnya karena kandungan gula dalam buah tersebut. Jadi disarankan untuk minum air dengan irisan lemon atau infuse water.

Nah itulah tadi beberapa menu yang harus dihindari penderita diabetes saat ingin sarapan. Apa sih bedanya jika dimakan saat siang maupun sore?

Hal ini dikutip dari diabetesforecast.org jika gula darah akan secara alami mengalami kenaikan di pagi hari, yakni dari jam 4 pagi sampai 8 pagi.

Maka dari itu, disarankan penderita diabetes untuk menjaga pola makan dan rutin melakukan olahraga pagi. (frs/nap)

Apa Reaksi Anda?

Komentar