Iklan Banner Sukun
Ragam

Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Segera Atasi dengan Bahan-Bahan Dapur Ini

(Foto: Marcio Borin, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Siapa diantara kalian yang sering mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah? Beberapa orang yang mengalaminya, biasanya memilih untuk mengelupas kulit mati di bibir karena gemas. Padahal, itu hal yang bahaya, lho! Sebab, bisa menyebabkan infeksi pada bibir.

Bibir mengalami pecah-pecah, bisa terjadi karena banyak hal. Kondisi cuaca, nutrisi yang tidak cukup, atau kebiasan sering menjilat bibir, ternyata malah semakin membuat kering. Tak perlu khawatir, beberapa bahan alami ini bisa kalian gunakan untuk mengatasi bibir kering, lho. Selain alami, bahan-bahan ini juga mudah ditemukan di dapur kalian.

1. Gula

Salah satu cara untuk mengatasi bibir yang pecah-pecah adalah dengan melakukan eksfoliasi rutin. Hal ini harus dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati dan mengoptimalkan regenerasi kulit. Kalian bisa mengguanakan gula pasir sebagai bahan eksfoliasi. Sebelumnya, haluskan gula dengan sendok agar tidak terlalu kasar. Lalu campurkan dengan madu, dan gosok di permukaan bibir. Lakukan ini 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

2. Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat dan baik untuk melawan sel-sel kulit rusak. Sehingga peremajaan bibir menjadi lebih maksimal. Kalian hanya harus menghaluskan tomat, lalu mengoleskannyab dibibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas.

3. Minyak Kelapa

Bahan ketiga yang bisa digunakan adalah minyak kelapa yang merupakan emolien yang baik. Sehingga minyak kelapa bisa menambah kelembapan kulit dan memiliki beberapa sifat anti-stafilokokus yang mampu mencegah infeksi bakteri pada bibir pecah-pecah. Journal of Traditional and Complementary Medicine mengatakan bahwa minyak kelapa juga dapat melindungi kulit dengan meningkatkan fungsi penghalang pada kulit.

4. Timun

Sayuran yang sering disajikan bersama dengan lalapan ini ternyata bisa membantu bibir yang kering menjadi terhidrasi dan sehat. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam timun, sangat pas seperti yang dibutuhkan kulit untuk membuat bibir halus. Selain dengan mengonsumsinya, kalian juga bisa menghancurkan timun lalu mengoleskan sari airnya ke bibir.

Ternyata mudah sekali kan untuk mengobati bibir yang pecah-pecah? Bahan-bahan di atas tentu mudah untuk didapatkan, jadi jangan malas untuk merawat kulit bibir ya. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar