Iklan Banner Sukun
Ragam

Bertaruh Nyawa, Ini Pesan Moral yang Bisa Dipetik dari Serial “Squid Game”

Photo: Netflix

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah dirilis pada 17 September lalu, drama Korea milik Netflix, Squid Game tampaknya sangat populer dan banyak diminati oleh penikmat film. Bahkan kepopulerannya, digadang-gadang hampir setara dengan serial Money Heist. Dengan 9 episode, drama yang bergenre thriller ini sanggup membuat penonton merasa tegang karena adegan-adegan yang mencengangkan.

Squid Game sendiri menceritakan sekumpulan orang yang berkompetisi dalam permainan misterius. Bukan permainan biasa, melainkan gim yang mempertaruhkan nyawa pesertanya. Orang-orang yang memilih untuk ikut, kebanyakan adalah orang yang terlilit utang, ini karena Squid Game menawarkan 45,6 miliar won bagi mereka yang berhasil memenangkan setiap permainan.

Sang sutradara, Hwang Dong Hyuk menggambarkan Squid Game sebagai gambaran masyarakat kapitalis di masa kontemporer, serta apa saja yang bisa dilakukan manusia-manusia ini saat merasa tertekan karena ketatnya persaingan di dunia modern. Tak peduli dengan latar belakang miskin atau kaya, semua bisa saja terjebak dalam masalah yang sama.

1. Kerja sama

Dalam beberapa permainan yang diadakan, rupanya mengajarkan betapa pentingnya untuk bekerja sama. Karena kerja sama bisa mengalahkan kekuatan-kekuatan yang lain, seperti saat kompetisi tarik tambang, di mana kebanyakan kelompok yang terlihat lemah harus melawan kelompok yang kuat karena berisi pria semua. Namun strategi dan kerja sama telah memenangkan kelompok yang lemah itu.

2. Pengkhianat

Serial ini juga menunjukkan secara jelas bagaimana orang lain bisa mengkhianati temannya sendiri. Bisa karena sudah haus akan harta, kemenangan, dan kekuasaan, namun juga bisa juga karena tekanan yang menghimpit nyawa, membuat seseorang mau tak mau membuat keputusan yang tidak benar. Squid Game juga mengajarkan bahwa kita tidak bisa melihat orang dari luar dan mempercayai begitu saja, selain menghindari kekecewaan, ini juga berguna untuk melindungi diri sendiri. Seseorang yang dari luar terlihat bersahabat, bisa saja akan menusuk dari belakang.

3. Perjuangan

Pesan moral selanjutnya yang bisa kita ambil adalah bagaimana seseorang harus berjuang untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, jika dalam serial ini konteks yang dimaksud adalah uang. Di mana sebanyak 456 peserta membutuhkannya dan melakukan banyak cara untuk mendapatkannya, meskipun dengan membunuh orang sekalipun. Tampak jelas bahwa semua itu butuh usaha, semakin banyak yang ingin diraih, maka usaha dan pengorbanan harus semakin besar.

Selain pesan moral yang bisa diambil, serial ini juga unik karena seluruh permainannya terinspirasi dari permainan yang sering dimainkan anak-anak. Menurut sang sutradara, serial yang dibintangi oleh Lee Jung Jae dan Park Hae Soo ini terinspirasi dari Squid Game yang ia mainkan saat kecil. Game satu ini menurutnya adalah permainan yang menguras fisik, lebih dari itu, merupakan permainan yang simbolis untuk menggambarkan kondisi masyarakat masa ini.[mnd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar