Iklan Banner Sukun
Ragam

Bersih dan Mengkilap, Ini Cara Sederhana Membersihkan Mesin Cuci Satu Tabung

Ilustrasi cara membersihkan mesin cuci. (Sumber foto: Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Adanya mesin cuci di rumah memang sangat membantu proses mencuci berlangsung lebih cepat dan praktis. Apalagi bagi Anda yang sibuk melakukan aktivitas di luar rumah.

Biasanya mesin cuci yang sering digunakan untuk kebutuhan rumah tangga adalah mesin cuci satu tabung, karena simple yakni bisa mencuci sekaligus melakukan pengeringan di satu tempat secara otomatis. Selain itu mesin cuci jenis ini juga tidak memakan banyak ruang.

Tapi, Anda juga harus tahu bahwa mesin cuci dapat kotor sewaktu – waktu. Menurut Apartment Therapy bahwa saat mesin cuci digunakan setiap hari, maka setidaknya perlu dibersihkan dalam seminggu atau dua minggu sekali. Namun, jika Anda jarang menggunakan mesin cuci, tidak perlu sering membersihkannya.

Berikut ini tips membersihkan mesin cuci satu tabung yang dapat Anda terapkan di rumah, cukup mudah loh caranya. Simak yuk!

Bahan dan Peralatan

Bahan – bahan dan peralatan yang dibutuhkan yakni cuka putih atau pemutih, bubuk baking soda atau soda kue, sikat gigi, dan kain microfiber.

Langkah – Langkah Membersihkan Mesin Cuci

Langkah pertama saat membersihkan mesin cuci satu tabung, yakni isi mesin cuci menggunakan patokan ukuran beban tertinggi, pengaturan air terpanas, dan pencucian terlama. Siklus yang teratur dan lambat boleh digunakan.

Lalu, buka tutup mesin cuci dan saat tabung terisi, tambahkan satu liter cuka putih atau pemutih. Ada beberapa orang lebih memilih cuka, lantaran akan mendefisinfeksi mesin cuci tanpa efek yang keras seperti pemutih.

Setelah satu menit, buka tutup mesin cuci dan biarkan air serta cuka meresap ke dalam tabung selama satu jam. Lalu lepaskan bagian mesin cuci yang bisa dibersihkan. Jangan lupa untuk membersihkan sudut dan celah di bawah tutupnya.

Nah, bagian mesin cuci yang dapat dilepas seperti kotak detergen maupun pelembut kain bisa Anda rendam dan gosok agar lebih bersih. Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian atas agigator dan area yang sulit dijangkau di bawah tutup dan di sekitar tepi tabung mesin cuci. (frs/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar