Iklan Banner Sukun
Ragam

Bermanfaat Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ini 8 Makanan yang Mengandung Biotin Tinggi

Ubi jalar kuning yang matang mengandung 2,4 mcg biotin. (Sumber foto: pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Biotin menjadi salah satu vitamin yang masuk dalam kelompok vitamin B. Selain itu, kandungan ini juga dikenal sebagai vitamin H dan vitamin B7.

Vitamin ini berguna untuk membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi.

Biotin juga berfungsi untuk membantu proses metabolisme lemak dan asam amino yang digunakan untuk tubuh agar dapat menjadi protein.

Meskipun biotin memiliki beberapa keunggulan, namun kandungan ini juga memiliki kekurangan seperti dapat mengakibatkan masalah metabolisme, gangguan pada kulit, kuku, serta rambut.

Lalu makanan apa saja sih yang mengandung biotin? Simak yuk!

1. Daging
Salah satu menu ini mengandung biotin, akan tetapi setiap jenis daging menyediakan jumlah asupan biotin yang berbeda.

Misalnya setiap 3 ons daging sapi mengandung sekitar 31 mikrogram biotin. Sementara 3 ons daging babi atau patty untuk daging hamburger mengandung sekitar 4 mikrogram biotin.

2. Alpukat
Satu porsi 100 gram alpukat memiliki kandungan sekitar 10 mcg biotin. Oleh karena itu, buah yang memiliki warna hijau ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memiliki kulit sehat.

3. Ikan Salmon
Ikan salmon memang populer dengan kandungan omega-3nya. Apalagi lemak sehat ini dapat berfungsi untuk menyehatkan rambut.

4. Brokoli
Salah satu sayuran hijau ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, dan serat. Jadi setiap 45 gram brokoli mengandung sekitar 0,4 mikrogram biotin.

5. Pisang
Tidak hanya bermanfaat untuk program diet, buah berwarna kuning dan hijau ini juga memiliki biotin yang tinggi. Misalnya satu buah pisang, mengandung 0,2 mikrogram biotin.

6. Kuning Telur
Selain tinggi akan fosfor dan zat besi, kuning telur juga menjadi salah satu sumber biotin yang baik.

7. Ubi Jalar
Makanan ini memang kaya akan mineral, serat, vitamin, serta antioksidan karotenoid. Apalagi 125 gram ubi jalar yang matang mengandung 2,4 mcg biotin.

8. Jeroan Hati
Setiap 75 gram hati mengandung sekitar 31 mikrogram biotin atau setara dengan kebutuhan 103% biotin harian.

Sementara untuk hati ayam mengandung 138 mikrogram atau sekitar 460% kebutuhan biotin harian. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev