Iklan Banner Sukun
Ragam

Berikut Ini Tips Memilih Film Animasi Untuk Anak

(Foto: Dinu J Nair, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Di tengah banyaknya film yang bisa kita tonton di berbagai media streaming, tentu ada kebingungan yang menghampiri kita ketika ingin memilih mana tontonan yang layak dinikmati. Apalagi jika kita hendak menyajikan film tersebut untuk anak-anak kita.

Beberapa tips berikut ini bisa menjadi langkah yang bisa kita coba untuk mendapatkan rekomendasi film animasi yang layak untuk anak kita.

Mengenal Film dari Production House

Munculnya berbagai pilihan film animasi yang bisa ditonton terkadang membuat kita merasa bingung memilih. Langkah yang bisa lakukan untuk mengerucutkan bisa dengan memilih berdasarkan production house-nya.

Penentuan berdasarkan pada genre film

Bukan hanya film biasanya, animasi tentu punya berbagai pilihan genre seperti drama, komedi, action, adventure, musikal, atau fantasi. Maka dari situ, kita bisa memilih film yang ingin ditonton dari genrenya. Biasanya ada satu film yang terdapat kombinasi beberapa genre seperti drama komedi atau drama roman.

Mencari rekomendari dari IMDb

Ketika masih belum yakin dengan film yang ingin ditonton, kita bisa mencari tahu dari IMDb. IMDb merupakan singkatan dari Internet Movie Database. Biasanya dari situs ini berisi komentar, ulasan, serta rating dari para penggemar atau penonton film di seluruh dunia.

Selain itu, kita akan menemukan top rated film terbaik yang salah satunya adalah film animasi. Film animasi terbaik dapat dilihat dari ulasan serta rating dari IMDb. Bukan hanya itu, kita bisa mengetahui penilaian tentang film sebelum memutuskan untuk menontonnya.

Penting namun sering abai adalah target usia film

Faktanya, walaupun dibuat dengan animasi ternyata sidak semua film animasi bisa ditonton oleh anak-anak. Ada beberapa film animasi yang khusus dibuat untuk orang dewasa sehingga sebelum memilih film yang hendak ditonton ketahui terlebih dahulu target usia film.

Salah satu film animasi dewasa adalah The Simpson atau Coraline dengan jalan cerita atau bahasa yang kurang cocok untuk ditonton anak-anak. Faktanya, dalam film ini terdapat adegan kekerasan atau kata-kata tidak senonoh ada.

Lebih Baik Pilih Film dengan Durasi Pendek

Ketika berencana menonton film animasi bersama anak-anak, pastikan film yang dipilih tidak berdurasi panjang. Hal ini akan membuat anak-anak cenderung cepat bosan sehingga tidak fokus ketika menonton film terlalu lama.

Biasanya untuk anak di bawah 7 tahun, lebih baik pilih film serial yang berdurasi sekitar 20–30 menit. Sedangkan, jika ingin menonton film layar lebar, pastikan durasinya tidak lebih dari satu setengah jam supaya tidak bosan. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar