Iklan Banner Sukun
Ragam

Berikut Ini Manfaat Memiliki Literasi Keuangan yang Baik

(Foto: Rupixen com, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Setiap orang bisa mendapatkan uang. Mulai dari mengamen, memulung, kerja kantoran, atau bahkan membuat bisnis sendiri. Namun, tidak semua orang bisa mengelola uang yang telah mereka dapatkan.

Sehingga, kita sering menemukan kasus ada orang-orang yang tepat setelah gajian, uangnya langsung ludes. Sebab, ia memiliki banyak cicilan atau tanggungan lain yang kurang tepat pengelolaannya.

Memiliki pengetahuan dan kesadaran finansial memang penting. Namun, bagaimana caranya untuk mulai mempelajari literasi keuangan? Apa yang harus diperhatikan ketika sedang mengorganisasikan keperluan finansial?

Maka dari itu, kita tak perlu merasa khawatir, karena semua bisa dipelajari. Inilah yang perlu kita perhatikan ketika mulai membangun kesadaran finansial:

Mulai bangun pundi penghasilan kemudian periksa pengeluaran dengan tepat

Pentingnya literasi keuangan bukan hanya sebagai dasar pengetahuan menabung dan atau berinvestasi. Namun, hal ini dilakukan supaya kita bisa melakukan hal-hal yang ingin dilakukan supaya pengeluaran tetap terkendali.

Ketika dimulai dari prinsip itu, maka kita bisa pensiun dengan dana yang cukup dan keuangan stabil sehingga tak fluktuatif menjadi hal yang sudah pasti menyusul.

Simpan dana untuk keperluan tak terduga

Percaya atau tidak, kita memang perlu menyediakan dana untuk hal-hal yang tak terduga. Maksudnya kemungkinan ada berbagai peristiwa yang bisa
merugikan kita. Maka dari itu, siapkan sehingga kita tidak tersungkur sampai harus meminjam uang karena hal itu bisa terjadi kapanpun tanpa ada peringatan.

Sediakan tabungan pendanaan masa pensiun

Percayalah jika tidak ada kata terlalu awal untuk menabung khusus untuk keperluan di masa pensiun mendatang. Faktanya, sekitar 87% mahasiswa yang mengikuti kelas ekonomi yakin bahwa investasi dilakukan sebagai jaminan di masa pensiun.

Itulah yang membuat mereka menyisihkan 15% dari pendapatan sebagai investasi di masa tua. Percaya atau tidak investasi 15% akan membantu kita untuk mengatasi inflasi di masa mendatang.

Menyediakan tabungan jenjang pendidikan

Sekali lagi, tidak kata terlalu awal untuk menabung, sama halnya dengan tidak ada kata terlambat untuk belajar dan menuai pendidikan. Ketika kita memang berniat untuk melanjutkan studi, maka ada baiknya menyisihkan tabungan sebagai dana untuk bersekolah. Kita bisa merencanakan tabungan biaya pendidikan anak saat mulai berkeluarga.

Bayar semua utang dengan segera

Literasi keuangan bisa terbentuk dengan memperhatikan utang. Pada umumnya, Utang akan selalu menghambat kemajuan finansialmu. Jadi lebih baik untuk segera bayar semua utang yang dimiliki. Supaya lebih mudah, kita bisa mengurutkan utang Agar berdasarkan jumlah terkecil hingga terbesar.

Ketika kita sudah melunasi utang dengan jumlah terkecil, maka secepat mungkin langsung beranjak ke utang dengan jumlah lebih besar. Selain itu, kita perlu tetap awasi sumber penghasilan supaya keuangan tak terkuras. Ketika kita terus mengulang proses ini maka semua utang terhapus dan kemajuan finansialmu lebih terasa. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan