Iklan Banner Sukun
Ragam

Beri Banyak Manfaat, Kentang Jadi Pengganti Yang Lebih Sehat Dari Nasi

(Foto: Daisy Anderson, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kentang memang bukanlah bahan makanan yang asing bagi orang Indonesia namun, juga belum menjadi salah satu bahan makanan utama. Ia lebih sering dijadikan camilan atau bahan untuk membuat kue. Sampai saat ini, kebanyakan dari kita masih memegang prinsip bahwa kalau belum nasi, maka belum disebut makan.

Padahal selain nasi dan kentang, kita juga memiliki banyak sumber karbohidrat lain seperti ketela, uwi, talas, serta umbi jalar. Namun, sepereti juga kentang, mereka sering dijadikan camilan alih-alih hidangan utama. Sebagai pengganti nasi, kentang merupakan sumber karbohidrat tinggi yang hampir sama dengan nasi.

Jenis umbi yang memiliki nama latin Solanum tuberosum ini pun memiliki kandungan gizi yang kaya. Bukan hanya karbohidrat tetapi juga, vitamin A, B-kompleks, C, dan asam folat. Kentang mengandung senyawa solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamu, dan pestisida.

Dalam penyajiannya, kentang lebih baik dikonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang, bukan digoreng. Selain itu kentang tidak dicampur dengan bumbu gurih yang mengandung MSG, pasalnya hal ini tidak baik bagi kesehatan. Maka dari iru, disarankan untuk mengkonsumsi kentang rebus atau panggang sebanyak dua kali sehari sehingga tidak membuat berat badan bertambah atau dapat menurunkan kolesterol jahat atau mengontrol tekanan darah. Maka memang benar, jika makanan ini cocok bagi seseorang yang menjalankan program diet sebagai pengganti nasi.n

Manfaat kentang memang cocok untuk mmbentuk Tubuh Ideal sehingga menghindari resiko Obesitas. Kentang dapat dirasakan manfaat jika tidak diolah dengan mentega, garam, micin ataupun minyak goreng. Selain itu, Kentang mengandung vitamin, mineral dan zat-zat baik lainnya untuk memberikan pertahanan tubuh dengan peningkatan daya tahan sehingga mampu melawan penyakit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan sama halnya dengan mencegah obesitas.

Selain itu, kentang dianggap pengganjal dengan serat pangan yang tinggi sehingga memudahkan kita merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama dan mampu melancarkan pencernaan. Untuk kesehatan jantung, kentang memiliki nutrisi dan rendah kolesterol sehingga membantu menjaga kesehatan jantung. Manfaat dari kandungan serat dalam kentang adalah menurunkan kolesterol dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar