Ragam

Berhadapan Dengan Atasan Yang Suka Marah, Lakukan Hal Ini!

(Foto: Mick Haupt, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Memasuki dunia kerja, tentu banyak tantangan yang menanti. Termasuk, mungkin kita harus meghadapi atasan yang keras atau terkesan pemarah, dan menyebalkan. Idealnya, seorang pemimpin harus bisa membimbing anak buahnya. Namun, setiap orang pasti punya cara masing-masing dalam melakukan hal tersebut. Dan, tidak semua hal ideal bisa kita dapatkan.

Beberapa cara ini bisa anda lakukan ketika menghadapi atasan yang keras dan terkesan pemarah:

Bukan Masalah Benar atau Salah, Meminta Maaf Bukan Berarti Kalah

Walaupun mungkin bukan salah kita, tapi tak ada salahnya jika kita meminta maaf sebagai bentuk kerendahan hati. Bisa saja ada hal yang tanpa kita sadari melakukan kesalahan sehingga daripada menimbulkan salah paham tanpa bukti yang jelas. Maka, lebih baik untuk menyampaikan rasa maaf sehingga kita bisa lebih bisa tenang

Usahakan Tidak Melawan dan Lebih Baik Mendengarkan Terlebih Dahulu

Ego kita pasti merasa kesal ketika mendapatkan amarah dari atasan ketika kita sudah bekerja keras. Apalagi jika mereka marah tanpa alasan, wajar saja kita ingin melawan dan membela diri. Namun ketika atasan sedang marah-marah, cobalah untuk meredam amarahmu sejenak. Karena jika kita ikut melawan justru akan membuat perasaan dan kondisi semakin tidak baik. Cobalah untuk lebih tenang.

Coba Mengkonfirmasi pesan yang disampaikan oleh atas dengan mengulang katanya

Tunjukkan jika kamu mengerti apa dia sampaikan dengan mengulangi kembali kata-kata yang diberikan. Tapi ingatnya untuk menggunakan nada tenang dan kata-kata yang lebih sopan. Hl ini dilakukan untuk membuatnya memahami jika kita mendengarkan, dan ingin percakapan yang lebih ringan dan positif.

Jika keadaan sudah mulai tenang, kita bisa mulai menanyakan kesalahan yang perlu diperbaiki

Ingat ya lakukan ini ketika kondisinya sudah stabil. Kita bisa memulai percakapan dan menanyakan pada atasan tentang hal yang membuat dia merasa kesal dengan kita. Langkah ini dilakukan supaya kita tidak melakukan kesalahan yang sama.Tak perlu menanyakan solusi, namun coba temukan solusi terbaik untuk dirimu sendiri. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar