Iklan Banner Sukun
Ragam

Berguna Untuk Masa Tua, Ini Tips Investasi Untuk Pekerja Kantoran

(Sumber foto: Austin Distel, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Pekerja kantoran sebenarnya juga berinvestasi, asalkan punya strategi tersendiri dalam mengelola keuangan. Bagi Anda pekerja kantoran yang hendak melakukan investasi, salah satu intinya harus konsisten. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk melakukan investasi bagi pekerja kantoran.

Luangkan Waktu Untuk Belajar

Pelajari terlebih dahulu mengenai dunia investasi. Anda bisa belajar soal investasi ini lewat beberapa sumber atau platform. Misalnya saja belajar dari buku, YouTube, internet, dan
lain-lain. Ikuti secara bertahap agar pengetahuan yang didapat menjadi bekal untuk memulai investasi Anda.

Tentukan Tujuan Investasi

Tentukan tujuan Anda dalam melakukan investasi. Mulai dari berapa nilai yang hendak dicapai hingga berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan. Apakah tujuan Anda untuk jangka panjang, jangka menengah, atau hanya jangka pendek. Sesuaikan dengan investasi yang tuju, agar bisa mendapat hasil dari investasi tersebut.

Beberapa hal dasar yang perlu Anda pahami berkaitan dengan investasi misalnya tentang metrik dan definisi keuangan, meliputi price earning ratio, earning per share (EPS), return on equity (ROE), dan compound annual growth rate (CAGR). Teknik membeli saham pada waktu yang tepat, jenis pesanan pasar saham, serta berbagai akun investasi yang bisa Anda gunakan.

Lakukan Riset

Lakukan riset sebelum menjalankan investasi sehingga bisa menemukan saham yang bagus. Perhatikan beberapa hal yang telah Anda pelajari agar rencana investasi dapat
berjalan lancar. Riset ini akan menjadi bekal untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan Anda dalam berinvestasi.

Alokasikan Gaji Bulanan

Lakukan alokasi gaji bulanan agar semua kebutuhan terpenuhi, termasuk untuk keperluan investasi. Sesuaikan pembagian dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam mendapat gaji setiap bulannya.

Pahami Toleransi Risiko

Toleransi risiko merupakan suatu sudut pandang juga rasa cemas yang timbul saat kamu berhadapan dengan suatu risiko. Faktor ini berperan saat Anda menentukan tindakan. Contohnya saja, ketika Anda berhadapan dengan pilihan untuk berinvestasi sebanyak Rp10 juta untuk mendapatkan keuntungan sebesar Rp100 juta.

Sehingga jika Anda paham toleransi risiko yang Anda miliki, maka akan terhindar dari investasi meragukan yang membuat Anda merasa cemas. Jadi, Anda dapat berpikir lebih jernih untuk menentukan keputusan selanjut untuk investasi.

Pastikan beberapa hal itu bagi Anda pekerja kantoran. Pekerja kantoran juga bisa melakukan investasi asalkan sudah siap dengan strategi dan bekal pengetahuan. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar