Ragam

Berbohong Demi Kebaikan? Ini Risiko dan Cara Menghindarinya

(Foto: Taras Chernus, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) РApapun alasannya meskipun untuk kebaikan, kebohongan tetaplah sesuatu yang tidak jujur. Dampaknya jika kita terlalu sering berbohong demi kebaikan, maka akan ada konsekuensi yang harus didapatkan seperti; Kedekatan kita dengan orang lain secara emosional menjadi berkurang, bahkan bisa mendapat predikat pengkhianat.

Ketika kita harus melakukan kebohongan yang lain secara terus-menerus, tentu saja akan mengaburkan fakta yang seharusnya disampaikan secara jujur. Bahkan semakin lama menutupi kebenaran, kemungkinan semakin fakta akan menyakitkan orang lain saat terungkap.

Sering mengalami rasa tidak nyaman atau bersalah pada diri sendiri. Bahkan mungkin kita akan menghindari topik supaya tidak memicu berbohong demi kebaikan atau rela berdebat demi menutupi fakta sebenarnya. Selain itu, berbohong demi kebaikan yang dilakukan terus-menerus akan menggerus harga diri bahkan kita akan mencap diri sendiri sebagai orang yang tidak jujur dan kurang memiliki integritas.

Dampak pada pihak lain, berbohong demi kebaikan membawa dampak buruk bagi orang yang dibohongi. Tidak jarang, kita akan merasa bingung, cemas, marah, curiga, bahkan merasa kurang dipedulikan. Jika dilihat dalam jangka panjang, harga diri orang yang dibohongi akan terluka dan sulit menyembuhkan seperti sedia kala.

Cara terbebas dari berbohong demi kebaikan

Coba sebelum kita mulai untuk mengutarakan kebohongan, tahan diri selama beberapa detik untuk berpikir. Selain itu, usahakan untuk mengutamakan kejujuran, dibandingkan fakta yang terasa menyakitkan. Ketika fakta itu dirasa menyakitkan, kita bisa pilih kata-kata yang lebih enak didengar.

Misalnya ada teman yang berpenampilan kurang enak, kita bisa memberikan masukan atau menyampaikan jika penampilan dia terlihat berbeda dibandingkan harus berbohong demi kebaikan. Bukan hanya itu, kata-kata itu diharapkan membuatnya lebih terbuka dan mulai untuk memperhatikan diri sendiri demi memperbaiki penampilan di kemudian hari.

Sama halnya jika kita melihat karya teman misalnya lagu dan ada rasa kurang nyaman didengarkan mungkin kita bisa menyarankan beberapa referensi atau berikan masukan positif. Usahakan ketika ada yang meminta kita memberikan pendapat, jawablah dengan jujur dengan apa yang kita rasakan. [prd/tur]

Apa Reaksi Anda?

Komentar