Iklan Banner Sukun
Ragam

Berbagai Macam Perawatan Kulit, Ini Beda Body Butter dan Body Lotion

(Foto: Clarissa Watson, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Setiap orang tentu mendambakan kulit yang sehat, lembap, dan ternutrisi. Kulit kering dan kusam tentu menjadi masalah bagi banyak orang. Oleh karena itu, segala cara dilakukan untuk merawat kulit. Ditambah lagi, bagi kalian yang sering beraktivitas di luar ruangan, membuat kulit kerap terpapar polusi dan sinar matahari.

Mandi menggunakan sabun saja tidak akan cukup, dibutuhkan perawatan ekstra seperti menggunakan lulur, body lotion, body butter, atau bahkan body cream. Namun, tak jarang banyak yang bingung perbedaan macam-macam produk perawatan ini. Terutama perbedaan dari body lotion dan body butter, karena perawatan harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit kalian.

Pada dasarnya fungsi keduanya hampir sama. Body butter, memiliki tekstur yang lebih pekat. Sesuai dengan namanya, tekstur body butter hampir mirip dengan mentega. Ia lebih cocok digunakan bagi kalian yang kulitnya cenderung kering atau bahkan sangat kering. Sebab lebih kaya bahan pelembap dan minyak alami. Seperti minyak kelapa, minyak zaitun, serta shea butter.

Sebenarnya, body butter bisa digunakan di segala cuaca, namun akan lebih cocok dipakai saat cuaca dingin. Ini karena teksturnya yang pekat, membuat beberapa orang akan merasa bahwa body butter akan lebih berat saat diaplikasikan ke kulit. Body butter juga cocok digunakan malam sebelum tidur, karena pada saat kita tidur, kulit sedang dalam mode perbaikan. Khasiat body butter pun akan lebih optimal.

Sementara itu, body lotion memiliki tekstur yang lebih ringan. Ini karena kandungan minyak di dalamnya yang lebih sedikit. Sehingga lebih cocok digunakan untuk segala jenis kulit, baik yang kering maupun berminyak.

Bahkan, karena teksturnya yang encer, body lotion bisa digunakan di seluruh bagian tubuh. Pelembap yang baik adalah yang tidak terlalu berminyak dan bisa menyerap dengan cepat. Body lotion juga menjadi pilihan yang tetap untuk digunakan dikala cuaca sedang panas.

Namun, kekurangannya terletak pada kelembapan yang diberikan body lotion tidak bisa bertahan lama. Kalian perlu mengaplikasikannya secara berulang-ulang agar kulit tetap lembap.

Beberapa body lotion bisa digunakan pada area wajah, sementara body butter pantang diaplikasikan di kulit wajah. Penyebabnya karena kandungan minyak berlebih dan kadar air yang lebih sedikit pada body butter bisa membuat timbul jerawat di wajah dan kulit wajah semakin gelap.

Meskipun begitu, khasiat keduanya tidak jauh berbeda. Sama-sama bisa menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit. Bahkan body butter juga dianggap bisa melindungi kulit dari kerusakan lantaran minyak tumbuhan yang bisa mencegah racun dari luar.

Beberapa produk body butter juga dilengkapi asam lemak esensial, serta vitamin A, C, E. Lebih keren lagi, cukup dengan mengoleskan body butter, masalah kapalan dan mata ikan pada kaki bisa teratasi.

Kalian tidak perlu bingung dalam memilih keduanya, sesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Yang terpenting, jangan abaikan perawatan kulit ya! [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar