Iklan Banner Sukun
Ragam

Bendera Merah Putih, Berkibar dari Jaman Majapahit hingga Proklamasi Kemerdekaan

Surabaya (beritajatim.com) – Salah satu tradisi yang tidak bisa dilewatkan dari peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang dilakukan pada 17 Agustus setiap tahun adalah Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih.

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan tradisi tersebut, akan tetapi sejauh manakah pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai Bendera Merah Putih? Berikut ini adalah 5 fakta menarik tentang Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sudah Digunakan Sejak Zaman Kerajaan
Kerajaan Majapahit telah menggunakan warna merah dan putih sebagai bendera kebesaran sejak abad ke-13 dengan bentuk 9 garis merah dan putih yang berselingan. Selain Kerajaan Majapahit, Kerajaan Kediri juga menggunakan warna merah putih sebagai panji kerajaan mereka.

Lambang Oposisi Aktivis Kemerdekaan Indonesia
Pada tahun 1922, Belanda sempat melarang pengibaran Bendera Merah Putih karena bendera tersebut melambangkan keinginan kuat aktivis-aktivis Indonesia untuk merdeka dari jajahan Belanda. Bendera Merah Putih sendiri akhirnya dapat berkibar pada tahun 1928 di Pulau Jawa sebagai simbol kampanye kemerdekaan Republik Indonesia.

Dikibarkan Saat Proklamasi
Bendera Merah Putih secara resmi dikibarkan dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Bendera Merah Putih yang dikibarkan pada saat itu dijahit oleh Ibu Fatmawati, istri Ir. Soekarno. Bendera tersebut dijahit menggunakan kain katun jepang dengan ukuran 276×200 cm pada tahun 1944 dan dikibarkan setiap tanggal 17 Agustus untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, hingga akhirnya bendera tersebut harus dimuseumkan pada tahun 1968 karena sudah sangat rapuh.

Dipotong jadi Dua Bagian
Dengan alasan keamanan, Bendera Merah Putih sempat dipotong menjadi dua bagian dan dibawa oleh salah satu ajudan Ir. Soekarno yang bernama Husein Mutahar. Setelah keadaan dirasa aman, kedua potongan bendera tersebut kemudian dijahit kembali menjadi satu.

Nama Lain Bendera Merah Putih
Umumnya, bendera Negara Indonesia biasa disebut dengan Bendera Merah Putih atau Sang Saka Merah Putih. Namun ternyata, Sang Saka Merah Putih juga memiliki beberapa sebutan lain, di antaranya adalah Sang Dwi Warna dan Bendera Pusaka. [dwp/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar