Iklan Banner Sukun
Ragam

Benarkah Suku Jawa Berasal Dari China? Mana yang Masuk Akal, Pahami Teorinya

Ilustrasi Suku Jawa yang terbanyak di Indonesia. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Seperti yang diketahui jika Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan dihuni oleh beragam suku bangsa, mulai dari suku Jawa, suku Batak, suku Dayak, suku Asmat, dan masih banyak lagi.

Jika ditelaah suku Jawa merupakan salah satu suku terbesar yang ada di Indonesia, tercatat ada 40,22% dari populasi penduduk yang tinggal di negara terpadat ke- 4 ini.

Selain itu, suku Jawa terkenal akan keunikannya seperti budaya, bahasa, dan kuliner khasnya. Tak hanya itu, ciri khas dari suku Jawa ini adalah memiliki sifat dan tutur kata yang halus


Meskipun suku Jawa identik tinggal di Pulau Jawa, namun ada juga beberapa yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia. Hal ini terjadi lantaran adanya transmigrasi maupun keinginan sendiri untuk pindah.

Walaupun suku Jawa telah tersebar di seluruh nusantara. Tetapi banyak yang belum tahu tentang asal-usul suku Jawa ini, lho. Apakah mereka pendatang atau asli dari Indonesia? berikut penjelasannya.

Menurut arkeolog, Eugene Dubois, seorang ahli anatomi yang berasal dari Belanda menemukan sebuah fosil manusia purba Homo erectus. Fosil ini ditemukan di Trinil pada tahun 1891. Pasca penemuan ini, dilakukan perbandingan antara DNA fosil kuno tersebut dengan suku jawa masa kini.

Haslinya pun tidak memiliki perbedaan jauh antara suku Jawa masa kini. Pasalnya perenpuan manusia purba, yakni pithecanthropus erectus. Mengungkapkan jika nenek moyang adalah asli penduduk pribumi.

Namun pernyataan Eugene justru berbanding terbalik dengan pengungkapkan Von Hein, seorang sejahrawan. Ia menyebutkan jika telah terjadi migrasi penduduk dari Yunan, Cina ke Indonesia. Migrasi tersebut terjadi pada zaman neolitikum 2000 SM, sampai zaman perunggu 500 SM.

Adapun asal – usul suku Jawa menurut Babad Jawa Kuno. Disitu diceritakan bahwa pangeran yang berasal dari Kerajaan Kling tersisihkan bersama pengikutnya dan terjadi perebutan kekuasaan yang membuka sebuah pulau.

Itulah tadi beberapa teori yang menceritakan asal usul suku Jawa, bagaimana menurut Anda apakah suku terbesar di Indonesia ini asli penduduk nusantara atau bukan? (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar