Iklan Banner Sukun
Ragam

Ini Faktanya!

Benarkah Kecerdasan Bisa Menurun Akibat Menaruh Ponsel Dekat Kepala Sambil Tiduran?

Ilustrasi tidur dengan handphone di dekat kepala. (Daniel Franco, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Mungkin Ada begitu suka untuk membawa smartphone ke kasur. Namun menurut para peneliti lewat Journal of Association for Consumer Research, meletakkan ponsel dekat kepala justru dapat menurunkan kecerdasan otak, pun jika ponsel itu dalam keadaan dimatikan.

Oleh sebab itu, jika Anda sering meletakkan ponsel di dekat tempat tidur, mestinya mulai dikurangi kebiasaan ini. Apalagi ada bahaya tersendiri dari gelombang radiasi elektromagnetik yang bisa menurunkan fungsi otak, termasuk kecerdasan. Berikut ini beberapa fakta yang akan terjadi jika kebiasaan buruk itu tidak Anda hindari.

Kemampuan kognitif


Sebagaimana riset yang dikutip dari healthy bahwa anak muda yang kecanduan internet dan smartphone punya ketidakseimbangan kimia otak. Kemampuan kognitif berkurang signifikan tiap kali memegang smartphone, bahkan saat dimatikan.

Keterampilan Sosial-Emosional

Menjadikan smartphone atau tablet buat menghibur anak-anak bisa menimbulkan efek merugikan pada perkembangan sosial juga emosional mereka. Hal ini karena anak tidak bisa melakukan hubungan sosial dengan lingkungan sekitar, akibat terlalu sering menyendiri dengan gawai yang dipegangnya.

Gangguan Tidur

Para ahli memperingatkan adanya jenis cahaya yang akan dapat terpancar dari layar gadget. Hal ini akan berdampak untuk mengacaukan siklus tidur, bahkan setelah Anda mematikan.

Penelitian yang dilakukan oleh Proceeding of the National Academy of Sciences telah membuktikan hal ini. Pada penelitian ini ada 12 peserta dewasa diminta membaca buku elektronik melalui iPad selama empat jam setiap malam sebelum tidur atau membaca buku cetak dalam pencahayaan redup.

Usai lima malam berlangsung, kedua kelompok itu bertukar aktivitas. Hasilnya, mereka yang membaca buku elektronik melalui iPad sebelum tidur menunjukkan adanya penurunan kadar melatonin.

Selain itu mereka juga mengalami hormon yang meningkat sepanjang malam, dan menyebabkan kantuk. Sehingga mereka sulit untuk mengantuk. Sebaliknya yang membaca buku fisik baik-baik saja.

Mental Malas

Penggunaan smartphone yang berlebihan hingga membawanya ke kasur bisa membuat terciptanya rasa malas di pikiran. Alih-alih berpikir menemukan jawaban yang sebenarnya bisa dijawab, orang malah mencarinya lewat Google.

Beberapa ahli juga memperingatkan bahwa ketergantungan yang berlebihan pada perangkat seluler bisa bikin malas secara mental.

Jangan sampai Anda memiliki kebiasaan ini, jika itu masih terjadi sebaiknya segera akhiri dan hidup lebih sehat. Salah satunya jangan meletakkan ponsel di dekat kepala saat tidur. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar