Iklan Banner Sukun
Ragam

Benarkah Gluten Berbahaya untuk Kesehatan? Simak Penjelasan Berikut Sebelum Menghindari

Sumber: pexel.com

Surabaya (beritajatim.com) – Gluten merupakan makanan yang sedang dibicarakan bahkan menjadi sebuah kontroversi atau perdebatan. Hal ini dikarenakan ada sebagian ahli yang menyebutkan jika gluten termasuk senyawa yang aman dikonsumsi. Tapi, tidak sedikit yang melarang untuk mengkonsumsinya apalagi untuk para pengidap penyakit celiac.

Sedangkan dari segi kesehatan, beberapa ahli yakin jika pada dasarnya gluten adalah makanan berbahaya untuk dikonsumsi. Hal ini sudah dibuktikan dari survei yang tertulis pada Journal of Gastroenterol and Hepatology menyebutkan ada lebih dari 30% orang Amerika menghindari gluten.

Jadi, sebenarnya gluten berbahaya atau tidak? Apakah benar gluten termasuk zat yang harus dihindari untuk kesehatan?


Contoh makanan yang paling terkenal mengandung gluten adalah biji-bijian seperti gandum dan gandum hitam. Sebenarnya, gluten merupakan bagian dari protein pada biji-bijian sehingga banyak ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dieja, dan barley.

Gandum sebagai salah satu jenis biji-bijian yang paling terkenal mengandung gluten Faktanya, ada dua protein utama dalam gluten yaitu glutenin dan gliadin.

Maka dari itu, Gliadin memiliki peran penting pada sebagian besar efek yang merugikan bagi kesehatan. Gluten yang bercampur dengan air dapat membentuk jaringan lengket dengan konsistensi seperti lem.

Hal inilah yang sering dimanfaatkan dalam pembuatan roti sehingga lebih mudah mengembang saat dipanggang. Selain itu, gluten dapat memberikan tekstur kenyal pada makanan.

Namun, ketika dipanaskan, protein pada gluten membentuk jaringan elastis sehingga meregangkan dan menjebak gas. Sifat ini biasanya dimanfaatkan untuk menjaga kelembaban roti, pasta, dan produk serupa lainnya.

Sifat unik yang dimiliki gluten sering dimanfaatkan sebagai tambahan bahan dalam memperbaiki tekstur. Selain itu, gluten sering digunakan dalam meningkatkan kelembaban pada berbagai makanan olahan, seperti junk food. Selain berbagai sifat tadi, gluten merupakan zat yang cenderung aman untuk sebagian besar manusia.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk penderita celiac, maka dari itu menjadi makanan yang wajib dihindari. Pasalnya, jika penderita celiac mengkonsumsi gluten dapat memberikan efek samping yang berakibat fatal. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar