Iklan Banner Sukun
Ragam

Belum Juga Berhasil Tinggal di Mars, Manusia Sudah Tinggalkan Sampah 7 Ton di Sana

Surabaya (beritajatim.com) – Eksplorasi terhadap Mars hingga saat ini masih berjalan. Ini untuk menemukan kemungkinan planet tersebut bisa ditinggali manusia.

Belum juga bisa tinggal di sana, manusia sudah meninggalkan sampah di Mars. Jumlahnya tidak main-main, bahkan mencapai 7 ton.

Keadaan itu mungkin agak mirip dengan plotstory film Korea yang rilis tahun lalu, yakni Space Sweepers yang dibintangi oleh Song Joong-ki dan Kim Tae-ri, yang mengkisahkan sekumpulan space junk collector atau tukang rombeng sampah luar angkasa. Film itu menujukkan manusia bumi telah mengekspansi planet lain dan membawa banyak sampah ke sana.


Dikutip dari worldofbuzz, manusia Bumi kini dalam kenyataan hari telah membawa sampah ke planet lain. Menurut Cagri Kilic, seorang Postdoctoral Research Fellow in Robotics di West Virginia University di Amerika Serikat, ia berbagi bahwa ada 7.119 kg kotoran manusia yang tersisa di Mars dari berbagai proyek eksplorasi ruang angkasa selama bertahun-tahun.

Faktanya, baru-baru ini, rover NASA Mars Perseverance mengambil gambar yang oleh banyak orang dianggap sebagai pasta luar angkasa, tetapi ternyata itu adalah sepotong bahan jaring.

Untuk lebih spesifiknya, 14 negara telah mengirim 18 objek buatan manusia ke planet merah selama kurun waktu 50 tahun. Beberapa dari proyek ini masih berlangsung sementara yang lain mengotori permukaan Mars termasuk perangkat keras yang dibuang, dan pesawat ruang angkasa yang tidak aktif dan jatuh.

Sementara membuang sampah sembarangan di planet Bumi dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada lingkungan kita, meninggalkan sampah di Mars juga dapat mencemari sampel puing-puing Mars yang dikumpulkan pada misi eksplorasi aktif dan masa depan.

Hasil penelitian itu pun memicu banyak komentar warganet.

“Dan sementara sampah manusia yang ditemukan di Mars dijuluki sebagai ‘tonggak awal eksplorasi planet manusia’, tidakkah salah jika kita pada dasarnya baru saja menghancurkan seluruh planet lain?” ujar warganet.

“Bahkan sebelum ada satu manusia pun yang tinggal dan membuat koloni di planet lain, manusia sudah membuat kerusakan dan menimbun 7.ooo kg (7 ton) sampah di Mars?”

“Aku kini sepenuhnya percaya, manusia adalah penghacur dunia ini.” [adg/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar