Iklan Banner Sukun
Ragam

Begini Cara Tepat Menangani Asam Urat

(Foto: Kindle Media, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Rasa sakit dan nyeri pada persendian terutama di bagian jempol kaki merupakan salah satu tanda dari asam urat. Penyakit ini biasanya terjadi sekitar tiga hingga sepuluh hari. Pada 6-24 jam pertama biasanya kadar asam urat sedang tinggi-tingginya, tak ayal jika nyeri pada sendi mengalami masa terparahnya.

Tak banyak masyarakat tahu, bahwa asam urat merupakan hasil dari pemecahan purin (salah satu protein). Jadi meskipun kandungan protein sebenarnya baik bagi tubuh, namun perlu juga sebelum mengonsumsi makanan perhatikan dulu riwayat penyakit dalam diri. Karena tidak semua makanan sehat, baik untuk penderita asam urat. Agar tidak salah menangani, begini cara tepat agar asam urat tidak kambuh lagi.

Hindari makanan tinggi purin

Jika ingin lekas sembuh dan tidak kambuh asam uratnya, beberapa makanan yang tinggi purin tentu harus dihindari. Beberapa di antaranya seperti jeroan, daging merah, seafood, melinjo, sarden, daun singkong, daun bayam, tahu, dan juga tempe.

Konsumsi air minum yang cukup

Mengonsumsi air minum yang cukup juga menjadi cara yang efektif agar terhindar dari rasa nyeri pada persendian. Karena air putih mempunyai peran penting dalam proses pengeluaran limbah, termasuk di dalamnya ialah asam urat.

Makanan yang dianjurkan

Meski ada banyak makanan yang harus dihindari, namun ada juga makanan yang dianjurkan, beberapa di antaranya makanan yang tinggi akan serat dan kaya akan antioksidan seperti buah-buahan (anggur, blueberry, cerry, papaya, dan juga strawberry). Ada juga makanan yang masih boleh untuk dikonsumsi seperti nasi putih, jagung, singkong, bihun, telur, dan keju.

Konsumsi suplemen

Selain makan makanan yang dianjurkan, penderita asam urat juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen. Suplemen tersebut dapat berupa vitamin C dan Folic Acid yang dapat menurunkan asam urat dalam darah serta mengurangi peradangan.

Olahraga

Jika pada posisi kambuh, penderita disarankan untuk beristirahat namun setelah terasa membaik tentu sangat dianjurkan untuk berolahraga. Olahraga yang dimaksudkan ialah olahraga ringan, bukan yang berat seperti angkat besi, dan lain sebagainya. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar