Iklan Banner Sukun
Ragam

Begini Cara Mudah Melatih Public Speaking, Terlebih Saat Presentasi

Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan public speaking di saat presentasi (Foto: fauxels, Pexels)
Ilustrasi seseorang yang sedang melakukan public speaking di saat presentasi (Foto: fauxels, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagai mahasiswa atau pekerja yang tidak luput dengan aktivitas presentasi, tentu sangat perlu mengerti cara public speaking yang baik.

Hal ini tidak hanya berguna untuk melatih mental ketika berbicara di depan publik, namun juga untuk mengasah kemampuan berkomunikasi yang mudah dipahami.

Tak banyak orang yang menguasai public speaking, entah karena malu jadi pusat perhatian, demam panggung, atau bahkan bingung karena tidak tahu harus memulai dari mana.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya ada cara mudah untuk melatih public speaking, sehingga presentasi kalian menjadi seperti orang profesional. Maka yang perlu dilakukan di antaranya;

Pahami basic

Semua hal tentu harus dipahami terlebih dahulu basic-nya, jadi tidak boleh asal berbicara. Presentasi dengan menjelaskan sesuatu kepada teman tongkrongan tentu memiliki dasar yang berbeda.

Tak ayal jika mempelajari public speaking harus tahu dasarnya. Seperti penggunaan nada, intonasi, gesture, hingga story telling atau semacam gaya bercerita yang enak didengarkan.

Pahami materi

Kesalahan besar jika presentasi hanya mengandalkan ingatan atau hafalan semata. Pada dasarnya ketika seseorang mencoba menjelaskan sesuatu, harusnya ia paham betul tentang materi yang akan dibahas. Sehingga penjelasan yang disampaikan pun lebih lancar dan mengalir.

Dengan public speaking seperti itu, tentu orang akan menilai bahwa ia sangat menguasai dan cukup profesional di bidangnya. Tak ayal audiens pun jadi tak ragu untuk mendengarkan isi materi yang dibawakan.

Berlatih

Pemahaman basic dan penguasaan materi saja tentu tidak cukup. Tentu perlu adanya latihan, setidaknya dengan cara berlatih menjelaskan pada diri sendiri. Bisa melalui cermin atau bahkan tembok.

Dari situ kemudian kita tahu, di mana letak kesalahan, ketidakpahaman, hingga penyebab utama public speaking kerap gagal. Sehingga kita bisa segera mencari solusi untuk mengatasinya.

Kenali calon audiens

Sebelum memulai presentasi dan public speaking, tentu kita perlu mengetahui siapa calon audiens kita. Apa mereka dalam golongan usia dewasa, remaja, anak-anak, pekerja kantoran, swasta, pengusaha, laki-laki, perempuan, dan sebagainya.

Hal ini tentu nantinya dapat mempengaruhi pemilihan kata yang harus disesuaikan. Akan lebih baik jika seseorang memiliki penguasaan bahasa yang fleksibel, sehingga penjelasannya mudah dipahami oleh semua kalangan.

Bangun kepercayaan diri

Membangun rasa percaya diri tentu bisa berdampak positif pada saat melakukan public speaking. Biasanya penjelasan yang disampaikan menjadi lebih mengalir dan bahkan berjalan cukup seru.

Membangun kepercayaan diri ini bisa dilakukan dalam berbagai cara, salah satunya dengan membayangkan bahwa kita orang yang hebat dan sangat berkompeten di bidangnya. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar