Iklan Banner Sukun
Ragam

Begini Cara Menjaga Hati atau Liver dengan Benar

(Foto: v2osk, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam tubuh setiap manusia terdapat organ-organ penting yang telah mempunyai tugas masing-masing. Meski tidak terlihat karena letaknya berada di dalam tubuh, namun setiap orang perlu menjaga kesehatannya agar tidak memicu timbulnya penyakit-penyakit tertentu. Salah satu organ yang perlu dijaga ialah hati atau liver.

Salah satu organ terbesar dalam tubuh manusia yang mempunyai berat 1400 gram ini, mempunyai peranan cukup penting. Peran utamanya yakni untuk mendetoks racun yang ada dalam tubuh.

Tak ayal jika tanpa adanya hati, maka racun-racun tersebut akan menyebar ke seluruh tubuh dan membahayakan nyawa seseorang. Adapun berikut ini cara untuk menjaga hati agar senantiasa sehat.

Hindari junk food dan fast food

Makanan junk food dan fast food mungkin memang kerap menarik setiap orang untuk mengonsumsinya. Namun, mengonsumsi jenis makan-makanan semacam ini cukup membahayakan bagi kesehatan hati.

Karena makanan ini mengandung bahan-bahan yang tidak menyehatkan, seperti pengawet, pewarna, hingga pemanis buatan. Tak jarang juga mengandung radikal bebas di dalamnya. Maka lebih baik hindari junk food dan fast food, kemudian perbanyak makan makanan menyehatkan.

Konsumsi herbal

Banyak sekali makanan atau minuman yang berbahan herbal. Terlebih jika dikonsumsi mengandung banyak antioksidan, terlebih glutation. Hal ini juga dapat membantu dalam mendetoks hati. Salah satu herbal yang bisa digunakan ialah kunyit. Kunyit dipercaya mampu mengurangi peradangan pada hati.

Konsumsi hati hewan

Untuk membantu menjaga kesehatan hati manusia, bisa juga dengan cara mengonsumsi hati hewan, seperti ayam, kambing, atau sapi. Namun, yang perlu diperhatikan ialah konsumsi hati hewan yang terpercaya.

Setidaknya mengetahui sumber makan makanan ternak tersebut. Apakah layak, higienis, dan tidak mengandung zat-zat berbahaya.

Mengonsumsi makanan

Mengonsumsi makan makanan seperti kimchi dan asinan kubis boleh saja dan tidak dilarang. Bahkan makan makanan tersebut dipercaya dapat membantu mendetoks hati. Untuk menunjang kesehatan hati, juga disarankan mengonsumsi buah-buahan tanpa diproses dan sayur-sayuran hijau.

Mendetoks perasaan sendiri

Mengontrol emosi juga termasuk cara untuk menjaga hati, karena perasaan atau emosi yang berlebih juga dapat membebani kerja organ, termasuk juga hati.

Hal yang kerap dialami seseorang, seperti halnya perasaan gugup dan takut hingga membuat keringat dingin, bolak-balik ke kamar mandi, hingga jantung berdebar kencang. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang perlu dihindari untuk menjaga kesehatan hati atau liver. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar