Iklan Banner Sukun
Ragam

Beberapa Penyakit Serius, yang Diawali Dengan Nyeri Punggung

Inge, unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Jangan sembarangan, saat Anda merasakan nyeri pada punggung sebaiknya itu diperhatikan serius. Punggung merupakan penyanggah utama dari badan, sehingga perannya sangat sentral untuk seseorang bisa tegak berjalan, duduk, atau menunduk.

Memang, nyeri punggung bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah tanda dari suatu gejala. Umumnya, nyeri punggung dapat disebabkan oleh cedera otot, penyakit pada tulang dan adanya masalah pada saraf di sekitar tulang belakang. Tetapi, tidak jarang nyeri di bagian punggung ini justru jadi awal mula dari beberapa penyakit serius berikut.

 

Kanker sumsum tulang belakang

Saat Anda merasakan nyeri punggung yang menjalar hingga ke bagian tubuh lain. Seperti pada bagian kaki, paha, hingga lengan, segera cari cara untuk menyehatkan kembali punggung, atau konsultasikan pada pakar kesehatan. Sebab nyeri punggung ini merupakan salah satu gejala penyebab kanker sumsum tulang belakang. kanker yang bisa mengakibatkan kematian pada akhirnya.

Hernia nukleus pulposus

Hernia Nukleus Pulposus merupakan kondisi ketika salah satu piringan sendi dari tulang belakang menonjol keluar dan menjepit saraf. Penyakit ini sering dikenal sebagai sebagai saraf terjepit. Kondisi ini akan berdampak pada tubuh yang kaku jika tidak segera ditangani.

Infeksi ginjal

Saat Anda merasakan nyeri punggung juga bisa diakibatkan oleh infeksi ginjal. Hal ini karena letak ginjal yang lebih dekat ke punggung daripada perut. Sehingga ketika ini terjadi dapat menyebabkan nyeri pada bagian punggung bawah.

Osteomielitis tulang belakang

Osteomielitis tulang belakang disebabkan oleh infeksi kolom vertebra yang dapat menyebar ke tulang belakang melalui sebuah aliran. Kondisi ini berakibat pada kerusakan tulang rawan yang menjadi bantalan untuk sendi tulang belakang dan berbagai sendi di dalam tubuh.

Sehingga bisa menyebabkan tulang belakang saling menempel satu sama lain kemudian jadi penyebab rasa sakit hingga kerusakan pada tulang. Nyeri punggung juga akan terasa semakin parah saat osteoarthritis telah memengaruhi pinggul atau lutut.

Jika merasakan nyeri pada punggung yang tidak biasanya terjadi sebaiknya segera lakukan diagnosa pada pakar kesehatan. Sebab, jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar