Iklan Banner Sukun
Ragam

Beberapa Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghemat Minyak Goreng, Perhatikan Penggorengan

Ilustrasi menghemat minyak goreng (Foto: Kamaji Ogino, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak masyarakat yang geram atas permasalahan minyak goreng yang terjadi belakangan ini. Mulai dari harganya yang mahal hingga kesediaannya yang sempat mengalami kelangkaan di pasaran.

Sebenarnya menghadapi hal tersebut, masyarakat tidak perlu terlalu panik, bahkan hingga punic buying. Ada dampak positif yang sebenarnya bisa diambil dari permasalah ini, khususnya bagi para ibu Rumah Tangga, yang justru bisa hidup lebih sehat dan mungkin juga dapat sedikit berhemat.

Salah satunya yakni dengan menghemat penggunaan minyak goreng di rumah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni seperti berikut ini;

Alihkan dengan memasak masakan lain

Penggunaan minyak goreng berlebih tentu tidak baik untuk kesehatan, terlebih jika minyak yang digunakan telah menghitam karena terlalu sering digunakan kembali. Maka sebaiknya mulai diminimalisir.

Dengan adanya permasalahan minyak goreng ini, masyarakat jadi bisa lebih hidup sehat dengan cara mengalihkan menu masakan yang dikonsumsi. Untuk menghemat minyak goreng, setidaknya bisa beralih pada lauk berkuah atau dikukus yang mungkin juga lebih menyehatkan.

Menggunakan alat penggorengan yang anti lengket

Alat penggorengan yang anti lengket tentu dapat secara signifikan menghemat penggunaan minyak goreng. Bahkan beberapa masakan di antaranya tidak perlu menggunakannya. Tak ayal jika hal ini dirasa sangat efektif.

Jika mungkin di rumah biasanya sehari membutuhkan seperempat atau bahkan seliter minyak. Tentu, cara ini akan jauh lebih rendah jumlah penggunaannya.

Menggunakan takaran

Jika mungkin selama ini menggunakan minyak goreng hanya dengan perkiraan atau feeling semata. Hingga terkadang menuangkan hingga berlebihan, mungkin kali ini bisa menggunakan takaran, seperti sendok makan.

Selain lebih menyehatkan, pula membuat pengeluaran minyak goreng jadi dapat lebih dihemat. Takaran menggunakan sendok ini pun mungkin bisa disesuaikan dengan buku resep.

Menggunakan beberapa kali

Pada dasarnya minyak goreng bisa digunakan kembali untuk beberapa kali. Terlebih jika kualitas minyaknya memang baik. Cara ini tentu bisa digunakan untuk menghemat minyak goreng yang ada di rumah.

Meski begitu tidak disarankan untuk penggunaan yang mungkin sudah sampai berubah warna menjadi kehitaman. Hal ini justru dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Gunakan air fryer

Air fryer merupakan cara memasak yang cukup modern. Alat ini memanfaatkan udara panas untuk memasak. Dengan menggunakan air fryer setidaknya bisa menghemat hingga 80% minyak goreng.

Bahkan, tak hanya menggoreng, melainkan bisa juga digunakan untuk membakar dan memanggang berbagai masakan. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar