Iklan Banner Sukun
Ragam

Beberapa Film yang Menginspirasi Kejahatan di Dunia Nyata

(Foto: Hermes Rivera, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Dunia maya sempat dihebohkan dengan aksi dari seorang pria di Jepang. Itu terjadi pada malam Halloween (31/10), saat seorang pria mengenakan kostum dari karakter Joker menikam belasan penumpang di jalur kereta tersibuk di dunia, Tokyo, Jepang.

Lantas peristiwa ini mengakibatkan 17 orang terluka. Berdasarkan dari kostum yang digunakan, kemungkinan besar pria itu terinspirasi dari sosok Joker. Aksi pria Jepang tersebut, bukan kejadian pertama kalinya sebuah film dijadikan sumber inspirasi tindakan kriminal pada dunia nyata.

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber berikut film-film yang menginspirasi kejadian kriminal di dunia nyata.

Batman: The Dark Knight dan Joker

Pada Minggu (31/10), seorang pria menggunakan kostum karakter Joker menikam belasan penumpang di jalur kereta Tokyo, Jepang. Bukan hanya di Jepang, pada tahun 2010 silam seorang pria asal Wisconsin, Amerika Serikat menyerang rumah sepupunya dengan berpakaian seperti Joker.

Insiden kedua terjadi pada tahun 2009, saat seorang gadis menyerang seorang guru SMA di Amerika Serikat. Sebelum menyerang sang guru dia ke kamar mandi dan berdandan layaknya karakter Joker dalam film.

American Psycho

Kejadian ini pada tahun 2004, seorang pemuda bernama Michael Hernandez menikam teman sekelas di sekolahnya hingga meninggal. Hernandez lantas mengaku telah menirukan perilaku salah satu tokoh film setelah menonton para pembunuh di American Psycho dan Silence of the Lambs.

Hernandez pun percaya kalau Tuhan telah memberikannya sebuah kekuatan spesial. Tuhan dianggap Hernandez telah memberi izin untuk membunuh teman sekolah tersebut dengan cara menggorok lehernya.

Twilight

Film drama romantis manusia bercerita tentang vampir ini ternyata masuk jajaran film yang menjadi inspirasi tindakan kejahatan. Seperti yang pernah dialami seorang remaja asal Iowa, Amerika Serikat.

Wakil kepala sekolahnya menerima kabar bahwa seorang remaja pria itu telah menggigit 10 remaja gadis tanpa alasan yang jelas. Ketika dihubungi, ayah bocah itu mengatakan bahwa kecintaan putranya pada film Twilight telah membuatnya berakting menggigit teman sekolahnya seperti vampir pada film Twilight.

The Town

Film The Town karya sutradara Ben Affleck ini menceritakan tentang perampokan sebuah bank. Adapun sekelompok laki-laki di New York City yang melakukan 62 perampokan.

Sekelompok orang tersebut memakai teknik yang sama yang digambarkan dalam film The Town. Saat akhirnya mereka tertangkap, para perampok itu pun mengaku pada polisi bahwa terinspirasi dari film The Town.

Cukup menakutkan bukan? Beberapa film itu ternyata menginspirasi orang untuk melakukan kejahatan di dunia nyata. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar