Iklan Banner Sukun
Ragam

Beberapa Fakta Menarik Di Balik Layar Film Dune

(Foto: Dune, IMDb)

Surabaya (beritajatim.com) – Film Dune resmi beredar di bioskop Indonesia pada Senin (13/10) lalu. Film dengan genre fiksi ilmiah karya sutradara Denis Villeneuve ini pun langsung jadi buah bibir, bahkan sejak mulai diproduksi. Sebabnya, proyek film ini punya ambisi besar dengan menggelontorkan dana senilai 165 juta dollar AS.

Selain itu, film Dune juga menghadirkan aktor-aktor papan atas Hollywood, salah satunya yaitu Jason Momoa. Disamping itu film ini diklaim minim efek visual dengan musik latar yang bombastis. Di balik semua ambisi besar Dune tersebut, ternyata ada hal-hal menarik yang terjadi di balik layar.

1. Aktor dandan hingga 80 jam

Aktor veteran Stellan Skarsgård menjelaskan jika dirinya telah menghabiskan hampir 30 persen waktu atau sekitar delapan jam sehari untuk proses rias. Skarsgård sendiri terlibat delapan sampai sepuluh hari dalam pembuatan film. Jadi total dia telah menghabiskan waktu 64-80 jam hanya untuk rias saja.

2. Minim efek visual

Dalam wawancara di Festival Film Internasional Shanghai, Villeneuve berkata jika set nyata menjadi hal yang bisa membawa inspirasi sejati pada film. Oleh karena itu, selain syuting di lokasi yang terkenal ekstrem seperti Yordania. Set besar pun dibangun di Budapest untuk bagian dalam ruangan, seperti istana Kaisar di Arrakis.

3. Kapal luar angkasa sungguhan

Supervisor Efek Visual Dune yang digawangi oleh Paul Lambert pun membebarkan jika banyak kapal dibuat menggunakan efek praktis, tetapi terlihat nyata. Contohnya thopter yang dibangun menggunakan gimbal di bukit tertinggi di Budapest. Dari hal itu, film Dune mengambil kapal tersebut agar membuat suasana film kian hidup.

4. Hans Zimmer bikin instrumen musik sungguhan

Komposer musik kondang yaitu Hans Zimmer dipaksa keluar dari zona nyaman untuk mengerjakan latar musik dalam film ini. Dirinya bahkan menemukan instrumen baru, yang dikembangkan dengan bahasa sendiri untuk aransemen paduan suara. Berkat instrumen itupun akhirnya film Dune terdengar seperti memasukkan musik dari dunia lain.

5. Kostum lebih dari 1.000 buah

Perancang kostum Jacqueline West dan Bob Morgan menciptakan lebih dari 1.000 kostum untuk Dune. Kostum itu mengambil sumber inspirasi dari mitologi Yunani dan Romawi serta tragedi dramatis yang mendefinisikan materi sumber. Tak ayal jika film Dune terlihat atraktif dengan penuh kostum.

Itulah beberapa fakta menarik yang sebaiknya diketahui sebelum menonton film bergenre sains fiksi terbaru yang berjudul Dune. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar