Iklan Banner Sukun
Ragam

Beberapa Alasan Agar Tidak Merendahkan Diri Sendiri

(Foto: Jonas Kakaroto, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Merendahkan diri sendiri sebenarnya tidak ada manfaatnya, bahkan lebih banyak merugikan. Sikap merendahkan diri sendiri hanya akan mengantar Anda kian terpuruk.

Meski demikian, jangan sampai merendahkan orang lain. Hal yang harus Anda pupuk dalam diri adalah rasa percaya. Jangan lupa pula untuk mengapresiasi diri sendiri tapi jangan sampai berlebihan.

Berikut ini beberapa alasan Anda harus berhenti merendahkan diri sendiri dalam situasi dan kondisi apapun.

1. Percaya diri dan sombong itu berbeda

Hal pertama yang mesti jadi perhatian bahwa rasa bangga dan percaya sama diri sendiri itu perlu, asal tidak berlebihan dan tidak merendahkan orang lain. Anda memang harus menunjukkan potensi pada sekitar, tapi dengan cara yang baik bukan dengan merendahkan orang lain.

Percaya diri itu jauh berbeda dengan pamer atau sombong. Sebab percaya diri akan membantu Anda memberi dampak pada sekitar. Sementara sombong hanya pamer tanpa memberi dampak.

2. Akan menimbulkan sugesti negatif

Jika Anda selalu menyalahkan diri sendiri, lama-lama Anda sendiri juga yang tersugesti untuk jadi orang yang tidak memiliki value. Sugesti negatif ini mengarahkan Anda kian tidak percaya diri hingga makin terpuruk.

3. Bakal direndahkan orang lain

Jika Anda tidak bisa menghargai diri sendiri, secara otomatis orang lain tidak bisa menghargai Anda. Anda harus bisa membedakan rendah diri dan rendah hati. Sikap rendah hati memang perlu, tapi jangan sampai Anda merendahkan diri sendiri.

4. Tidak membuat orang lain merasa simpati

Jika Anda sering banget menjelekkan diri sendiri, orang-orang disekitar bisa saja merasa tidak nyaman dan menganggap Anda hanya cari perhatian. Jangan berharap simpati datang dengan Anda merendah diri sendiri justru membuat orang lain risih.

Hal terakhir mengapa sebaiknya Anda berhenti menjelekkan diri sendiri karena bisa menyebabkan hilangnya jati diri. Bisa jadi Anda sebenarnya berbakat di suatu passion atau keahlian bidang kerja, tapi tidak ada yang bisa Anda tunjukkan sehingga Anda sibuk merendahkan diri sendiri. Oleh karena beberapa hal itu, berhentilah merendahkan diri sendiri. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar