Iklan Banner Sukun
Ragam

Bau Badan Tak Sedap? Coba 4 Bahan Alami Ini

(Foto: Pavel Danilyuk, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Beberapa orang tidak menyadari ketika dirinya memiliki bau badan yang menyengat. Padahal, bau badan ini seringkali menganggu bahkan bagi orang-orang di sekitar. Jika sudah seperti itu, maka akan berdampak pada menrunnya rasa percaya diri karena mengganggu penampilan. Bau ketiak sendiri, diakibatkan oleh kelenjar keringat yang memiliki peran menjaga suhu tubuh tetap stabil saat kondisi panas.

Keringat mengandung lemak dan protein yang diurai oleh bakteri. Lemak dan protein inilah yang kemudian bercampur dengan bakteri atau lebih tepatnya akan dipecah oleh bakteri sehingga menghasilkan bau tidak sedap.

Jika kalian sudah merasa mandi dengan rutin, menggunakan sabun wangi atau bahkan sabun antiseptic, namun bau badan tak kunjung hilang, kalian bisa mencoba 3 bahan alami ini. Simak dan perhatikan ya.

1. Cuka Apel

Salah satu yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau secara alami adalah dengan cuka alami. Salah satu bahan dapur ini memang sudah terbukti bermanfaat untuk tubuh, termasuk menghilangkan bau badan. Ini karena asam asetat dan asam sitrat yang diakandung cuka apel berfungsi untuk membunuh bakteri. Kalian hanya perlu mengoleskan sari cuka apel di ketiak selama 15 menit. Lalu bilas dengan air dingin.

2. Teh

Alternatif berikutnya adalah dengan menggunakan teh. Kandungan tanin di dalamnya akan menjaga kulit agar tetap kering sehingga mencegah pembentukan keringat penyebab bau badan. Untuk menggunakannya, kalian perlu memasukkan daun teh hijau ke dalam air mendidih lalu biarkan sampai dingin. Saring dan oleskan pada area yang berkeringat. Kalian juga mencampurkan daun teh dengan air mandi.

3. Daun Sirih

Daun sirih memang sudah terkenal akan khasiatnya untuk membuat tubuh lebih wangi. Kandungan antioksidannya yang sangat tinggi berguna untuk menyebuhkan berbagai penyakit. Selain itu, terdapat juga vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten.

Zat-zat tersebutlah yang membuat daun sirih bisa hilangkan bau tidak sedap pada badan. Caranya, rebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air, lalu campur pada air yang akan kalian gunakan untuk mandi. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

4. Bunga Kecombrang

Bahan selanjutnya yang bisa kalian gunakan adalah bunga kecombrang. Kandungannya pun hampir sama dengan daun sirih, yakni antioksidan dan nutrisi berupa saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, trterpenoid, glikosa, antimikroba, vitamin, dan juga mineral.

Sehingga khasiatnya sebagai penghilang bau badan juga setara. Kalian bisa menumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya, lalu gunakan hasil tumbukan tersebut sebagai sabun setiap kali mandi.

Perlu diingat, bahwa bau tak sedap juga bisa datang dari asupan yang kalian konsumsi, seperti aneka bawang, kacang, bahkan makanan cepat saji. Oleh karena itu, penting juga untuk mengatur pola makan agar tidak berdampak pada aroma tubuh. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar