Iklan Banner Sukun
Ragam

Basic Skincare, Perawatan Mendasar Agar Kulit Tetap Sehat

(Foto: Cottonbro, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Menggunakan rangkaian skincare memang identik dengan wanita. Padahal, merawat kesehatan kulit ini penting bagi semua kalangan dan tidak memandang gender. Biasanya, penggunaan skincare bisa dimulai ketika memasuki masa remaja, itupun hanya perawatan mendasar yang bertujuan untuk menjaga kulit. Tentu berbeda dengan penggunaan make up, yang bisa merusak kulit apabila dikenakan pada usia yang masih remaja.

Perawatan wajah tidak harus selalu berlapis dan memiliki langkah yagn panjang. Sebab, dengan 5 perawatan dasar ini saja sebenarnya sudah cukup.

1. First Cleanser

Setelah berpergian, wajib hukumnya untuk melakukan double cleansing. Kali ini kita akan membahas first cleansing terlebih dahulu. Ada beberapa macam first cleanser, ada micellar water, cleansing oil, atau face wipes. Semuanya berfungsi sama, untuk membersihkan wajah dari debu dan make up yang digunakan setelah seharian. Sesuaikan dengan jenis kulit dan kebutuhan wajah saat memilih first cleanser.

2. Second Cleanser

Untuk pembersih yang kedua bisa disebut dengan face wash. Yap, yang kita gunakan selama ini untuk mencuci wajah. Ini diperlukan karena menggunakan first cleanser saja tidak cukup, masih banyak sisa-sisa polusi dan kotoran yang menempel, sehingga memerlukan sabun muka dan bilasan air untuk membersihkannya. Jangan lupa untukw menentukan face wash yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit.

3. Toner

Ada beberapa jenis toner yang dikenal, disesuaikan pula dengan fungsinya. Ada toner yang berguna untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang masih juga menempel, namun beberapa toner lain bertujuan untuk mengembalikan Ph kulit setelah mencuci muka, sehingga wajah terhidrasi dan lebih lembap. Sedang yang sedang ramai diperbincangkan adalah tonee exfoliating, gunanya untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit lebih flawless dan glowing.

4. Moisturizer

Pelembap juga merupakan elemen penting yang harus dioleskan pada wajah. Kulit sehat adalah kulit yang terjaga kelembapannya, sehingga tidak terlihat kering dan menimbulkan sensasi seakan wajah ditarik. Tidak hanya kulit kering, pelembap juga berlaku bagi pemilik kulit berminyak. Hal ini agar minyak berlebih pada wajah bisa dikontrol namun tidak membuatnya menjadi kering.

5. Sunscreen

Siapa yang masih suka terlewat dalam penggunaan sunscreen? Padahal kulit yang terlindungi dari UV A dan UV B adalah kulit yang sehat. Terutama bagi kalian yang memiliki pekerjaan di luar ruangan atau sering berpegian. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari ganasnya paparan sinar matahari, oleskan merata ke seluruh bagian wajah. Penggunaan sunscreens secara rutin ini rupanya juga menjadi kunci bagi aktris-aktris seperti Wulan Guritno dan Sophia Latjuba untuk menjaga resep awet mudanya. (mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar