Iklan Banner Sukun
Ragam

Baru Mengenal Trading, Ini Tips memulai Trading yang Sehat untuk Pemula

Anna, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Apakah kalian asing dengan trading? Di zaman sekarang banyak orang yang mencari uang jajan tambahan dari trading. Banyak trader pemula dan berpengalaman yang viral di tiktok, instagram, dan sosial media lainnya.

Bagi kalian yang tidak tahu apa itu trading mari kita bahas arti trading sebelum masuk ke tips memulai trading. Trading diambil dari kata “trade” yang berarti perdagangan, yaitu kegiatan jual beli atau serah terima barang atau jasa antara kedua belah pihak dilandasi dengan mau sama mau dari masing-masing individu.

Normalnya sebelum ada aktivitas trading orang menukar barang dengan uang di pasar konvensional, tetapi jaman sekarang orang menukar uang dengan uang di pasar uang.

Setelah anda mengetahui definisi dari trading mari kita bahas tips memulai trading yang sehat untuk pemula, simak selengkapnya!

Money management
Money management adalah salah satu cara untuk pengendalian resiko pada saat kita sedang melakukkan trading. Trading adalah salah satu investasi yang memiliki banyak untung dan resiko tinggi. Seberapa besar modal yang kita miliki, intinya kita harus mengatur keuangan agar tidak mendapat kerugian yang besar.

Belajar mengenai money management adalah langkah awal untuk mengendalikan resiko dengan tujuan profit konsisten jangka panjang. Banyak trader pemula yang gagal dan menyerah karena tidak memperhatikan money management alahasil mereka mengalami kerugian yang besar, bahkan ada yang modal nya habis karena cut loss.

Belajar analisa market
Trader pemula harusnya memahami dulu mengenai analisa market. Orang yang bru memulai trading biasanya terlalu bersemangat karena melihat orang yang trading pasti memiliki banyak uang dan mereka lupa untuk mempelajari analisis teknikal untuk open posisi pada trading. Ibarat maju perang tanpa senjata. Hasilnya juga tidak akan lama atau singkat.

Trader yang tidak mau belajar akan mengalami kebangkrutan dalam jumlah besar. Yang harus di perhatikan oleh trader khususnya pemula bukan soal pengetahuan saja, tetapi lebih tentang cara trading yang sehat. Misalnya sangat penting kita mempelajari analisa teknikal market, karena kita melakukkan open posisi harus ada alasannya mengapa kita melakukkan open buy/sel pada waktu tersebut. Bertujuan agar kita mendapatkan profit konsisten jangka panjang.

Psikologi Trading
Banyak trader pemula yang acuh tak acuh dengan pentingnya psikologi trading. Karena keadaan psikologis kita dapat berpengaruh terhadap kinerja trading kita pada saat kita menentuka open position. Misalnya emosi kita sedang ragu, marah, dan lain sebagainya akan menganggu kinerja kita saat trading. Memang kita banyak melihat trader yang sukses, sehingga ketika mencoba dan gagal kita merasa terpuruk dan menyerah.

Ada salah satu cara agar kita dapat mengendalikan psikologi trading kita dengan deposit pertama paling aman adalah sebesar RP. 1.400.000, karena kita dapat open posisi satu persen minimal trading yaitu 1 dollar, 14.000 di situ selain kita dapat mengatur money management juga dapat mengatur psikologi trading kita. [ptr/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar