Ragam

Banyak Dijual di Apotek, Ternyata Cairan Ini Sangat Bermanfaat untuk Kulit

Ilustrasi cairan retinol yang sangat bermanfaat untuk kulit. (Pexels)

Surabaya (Beritajatim.com) – Bagi kalian yang sering menggunakan produk kecantikan, mungkin telah akrab dengan istilah retinol, bahan yang sering dipakai untuk produk skincare. Kandungan senyawa dalam retinol, memang bisa mengatasi beberapa permasalahan kulit. Seperti: jerawat, memperbaiki tekstur kulit, hingga dipercaya ampuh mencegah penuaan dini.

Retinol atau dikenal dengan retinoid merupakan zat yang dibuat dari vitamin A. Salah-satu komponen utama untuk produk anti-aging, ia dipercaya mampu merangsang produk kolagen dalam kulit.

Selain itu, retinol juga memiliki kandungan yang bisa mempercepat proses pembaruan sel kulit mati dan bikin kulit kita makin halus.Ada beberapa jenis retinol berdasarkan tingkatannya, tapi secara umum produk skincare yang kita beli bebas mengandung retinyl palmitate, retinol, retinaldehyde atau adapalene.

Adapalene sendiri bisa kita jumpai pada produk penyembuh jerawat.Jenis lain yang mengandung retinol lebih kuat, yakni: tretinoin dan tazarotene. Kedua jenis ini harus dipakai dengan resep dokter, sebab pengaruhnya cukup kuat pada kulit. Meski memiliki efek lebih cepat ketimbang jenis retinol lain, jenis ini juga berpotensi mengalami iritasi lebih besar.

Namun, apapun jenis retinol yang kalian gunakan, semuanya perlu waktu untuk melihat hasilnya. Umumnya, efek menggunakan senyawa ini tampak di bulan ketiga pemakaian. Apa saja manfaatnya?

Menggunakan produk skincare yang mengandung retinol sangat baik untuk kulit, tentu dengan kadar penggunaan yang sudah ditentukan. Adapun manfaatnya, antara lain:

1. Mengobati jerawat

Memiliki jerawat di wajah, pasti sangat mengganggu. Selain terkadang terasa nyeri jika tersentuh, jerawat juga bikin kita nggak pede. Untuk mengatasinya, kalian bisa menggunakan produk skincare yang mengandung retinol.

Selain ampuh mengatasi jerawat yang membandel, kandungan retinol juga dapat mencegah tubuhnya jerawat baru dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

2. Mencegah keriput akibat penuaan

Retinol khusus jenis tretinoin, dipercaya bisa mencegah keriput di kulit. Hal ini disebabkan produksi kolagen meningkat dan merangsang aliran darah di bawah kulit. Tretinoin ini juga bisa memudarkan flek hitam yang sering muncul saat pertambahan usia.Cara kerja senyawa ini, yakni menghalau sinar ultraviolet yang berlebihan di wajah.

3. Mengendalikan gejala psoriasis

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, tebal, mudah terkelupas dan kadang terasa gatal. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan retinoid dari jenis tazarotene.

Sistem kerja retinoid jenis ini ialah memperlambat pertumbuhan sel kulit mati, menipiskan kulit yang menebal dan bersisik, meredakan bengkak kemerahan, serta mengatasi psoriasis pada kuku.

4. Menghilangkan milia

Milia merupakan benjolan kecil yang umum tumbuh di sekitar hidung, dahi dan kelopak mata. Untuk mengatasi milia ini, kamu bisa menggunakan serum retinoid. Khususnya untuk jenis tretinoin. Senyawa ini akan membantu menghilangkan milia di kulit dan mencegah kemunculannya kembali. (Jhn/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar