Iklan Banner Sukun
Ragam

Bantu Cegah Bau Mulut, Ini 4 Manfaat Tidur Dengan Mulut Tertutup

ilustrasi tidur, Ketut, Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Ada sebagian orang yang tidur dengan mulut terbuka. Walaupun ini di luar kesadaran mereka, namun para pakar kesehatan menyarankan untuk tidur dengan mulut tertutup.

Tidur dengan mulut terbuka dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan mulut. Berikut ini beberapa dokter gigi terkemuka memberikan empat alasan mengapa Anda dianjurkan untuk tidur dengan mulut tertutup. Seperti dilansir dari The wellnest, Selasa (26/10/2021) ini ulasan lengkapnya:

 

Mencegah hidrasi dan kesehatan mulut

Saat tidur, produksi air liur Anda akan melambat. Jennifer Jablow, DDS, dokter gigi di Kota New York mengatakan bahwa jika Anda tidur dengan mulut terbuka, itu bisa menyebabkan mulut sangat kering dan mengakibatkan dehidrasi. Tidak hanya itu, ia juga mengatakan bahwa tidur dengan mulut terbuka dapat menyebabkan daerah mulut yang asam. Hal inilah yang akan menyebabkan gigi Anda cepat keropos dan akhirnya berlubang. Anda juga akan mengalami peningkatan masalah gusi.

 

Menghindari bau mulut

Menurut dokter gigi yang merupakan salah satu pendiri Spotlight Oral Care Dr. Vanesa Creaven, bernapas melalui mulut terus menerus akan menyebabkan bau mulut. Hal ini masih ada kaitannya dengan masalah hidrasi diatas. Mulut terlalu kering menjadi sarang atau tempat yang menyenangkan bagi bakteri penghasil bau.

 

Mencegah mendengkur

Tidur dengan mulut tertutup dapat mencegah Anda untuk mendengkur. Meskipun ini mungkin tidak tampak seperti masalah bagi orang yang tidur sendirian, Dr. Jablow mengatakan bahwa mendengkur dapat menjadi malapetaka bagi pasangan di samping tempat tidur Anda. Hal ini karena dapat menyebabkan kelelahan dan kelesuan di pagi hari karena kurang tidur. Jadi, jika bukan untuk diri Anda sendiri, tidurlah dengan mulut tertutup demi pasangan tidur Anda.

 

Mendukung penyerapan oksigen

Ketika bernapas dengan mulut, Anda menyerap semua kotoran dan partikel kecil yang hidup di udara. Namun, ketika Anda bernapas melalui hidung, dokter gigi yang berbasis di Kota New York, Brian Kantor, DDS mengatakan bahwa udara akan disaring sebelum masuk ke paru-paru. “Ketika udara melewati mulut, cara tubuh Anda menyerap oksigen menjadi kurang efisien, alhasil dapat menyebabkan kualitas tidur yang buruk dan tingkat energi yang lebih rendah sepanjang hari,” jelasnya. [rsf/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar