Iklan Banner Sukun
Ragam

Banjir Bandang di Seoul, 7 Orang Tewas, 6 Hilang hingga Gangnam Trending Twitter

Kondisi ibu kota Seoul terendam banjir bandang pada Selasa pagi (9/8/2022). (Twitter @TheKoreaHerald)

Surabaya (beritajatim.com) – Kabar tidak sedap datang dari Negeri Ginseng, Korea Selatan. Pasalnya pada Senin malam (8/8/2022) wilayah Seoul dan Provinsi Gyeonggi dilanda banjir akibat hantaman hujan deras. Tidak hanya itu, hujan lebat yang mengguyur ibu kota Korea Selatan sejak siang hari itu mengakibatkan area dekat Stasiun Gangnam pun terendam air.

Diketahui hujan deras menyebabkan banjir, karena saluran air tidak mampu menampung volume air. Banyak dampak dari musibah banjir salah satunya Sungai Dorimcheon meluap, membanjiri daerah dataran rendah, dengan kekhawatiran bahwa Sungai Han juga akan jebol. Karena banjir tersebut sejumlah bangunan terendam, jalanan berubah menjadi sungai, menghalangi lalu lintas dan menghanyutkan sejumlah kendaraan.

Karena itu, kereta bawah tanah terpaksa berhenti, dan menyebabkan pemadaman. Sejumlah penduduk di daerah dataran rendah mengungsi untuk keselamatan. Pemberitahuan evakuasi diberlakukan karena ketinggian air terus meningkat.


Bagian selatan Seoul menerima lebih dari 100mm (3,9 inci) hujan per jam pada Senin malam, dengan beberapa bagian kota telah menerima 141,5mm hujan, curah hujan terburuk dalam 80 tahun, menurut media lokal mengutip Administrasi Meteorologi Korea ( KMA).

Perdana Menteri Han Duck-soo memerintahkan instansi terkait untuk tetap waspada dan melakukan yang terbaik untuk mencegah penyebab dan kerusakan properti di daerah berisiko tinggi. Akibatnya, pada Selasa (9/8/2022) pagi, banyak bagian ibu kota terendam banjir, serta kecelakaan, penurunan tanah, dan pemadaman listrik. Tak hanya itu, banjir juga menyebabkan tujuh orang tewas dan enam lainnya hilang.

Di distrik Gangnam yang mewah dan sangat terkonsentrasi, beberapa bangunan tanpa listrik dan telah terendam air, sementara mobil, bus, dan stasiun kereta bawah tanah terendam, membuat orang-orang terdampar. Beberapa toko juga terendam air. Ada laporan kebocoran air di beberapa fasilitas di Pusat Konvensi dan Pameran di Seoul selatan.

Layanan jejaring sosial dibanjiri foto-foto kerusakan akibat banjir yang diposting secara real time. Dilihat dari potongan video yang banyak tersebar di internet, diperkirakan banyak kerugian yang ditimbulkan dari peristiwa ini. Hal ini juga menjadi ramai diperbincangkan warganet di media sosial Twitter. (eve/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev