Ragam

Bahaya! Kenali 5 Tanda Toxic Relationship Ini Sebelum Terlambat

Ilustrasi toxic relationship yang membahayakan hubungan jika dibiarkan. (Sumber foto: JD Mason, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Toxic relationship merupakan hubungan yang sangat bahaya bagi Anda. Bukan hanya bahaya bagi mental, tapi fisik dan kesehatan juga. Jangan sampai, Anda terjebak di dalam hubungan toxic terlalu lama.

Toxic relationship biasanya diistilahkan untuk mendeskripsikan hubungan yang sudah tak lagi sehat antara Anda dan pasangan. Berikut ini 5 tanda yang bisa Anda kenali dari hubungan toxic.

Kehilangan kepercayaan diri

Ada banyak tindakan seseorang yang bisa menggerus kepercayaan diri dari pasangan. Saat pasangan Anda sudah mulai membuat kepercayaan diri justru makin menipis, sedikit demi sedikit, mungkin sudah saatnya Anda mengakhiri hubungan itu, dan meninggalkannya.

Over control dari pasangan

Artinya dengan kata lain, apapun yang Anda lakukan, harus sesuai dengan keinginan dan izin dari pasangan. Biasanya, over-control ini diiringi dengan kalimat yang seolah membenarkan semua tindakan itu dia lakukan untuk kebaikanmu semata. Padahal pelarangan itu tidak selayaknya dilakukan dengan pembenaran.

Tidak ada komunikasi yang baik

Komunikasi tentu merupakan salah satu kunci untuk menjaga hubungan tetap berjalan dengan baik. Saat Anda terjebak dalam toxic relationship, biasanya komunikasi ini tidak bisa berjalan dengan baik karena salah satu pihak menekan pihak lainnya.

Ada bentakan, hinaan, cacian, hingga tidak jarang ada kekerasan fisik. Atau, bisa juga silent treatment yang berujung saling menyalahkan, karena tidak bisa berdiskusi dengan baik.

Hubungan ini membuat Anda menjauh dari lingkunganmu

Poin keempat ini merupakan salah satu output dari sikap posesif, serta cemburu berlebihan dari pasangan. Biasanya, pihak yang toxic ingin menjadikan Anda hak miliknya sendiri dan gak membiarkan pasangannya bergerak bebas.

Sehingga, lama kelamaan pasangan ditarik keluar dari kehidupan sosialnya, dan bahkan, bisa jadi tidak bisa dekat dengan keluarga sendiri.

Ada kebohongan yang berulang

Landasan atau pondasi dari sebuah hubungan itu salah satunya adalah kejujuran. Saat kejujuran saja sudah tidak bisa didapatkan, maka pasti ada yang salah dengan hubungan tersebut.

Apalagi, kalau kebohongan ini terjadi secara berulang, sudah pasti toxic sekali bahkan bisa mengganggu mental Anda.

Kenali lima tanda itu dalam hubungan. Jika Anda mengalami salah satu, atau bahkan kelimanya, sebaiknya segera pikirkan untuk mengakhiri hubungan itu. (dan/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar