Iklan Banner Sukun
Ragam

Bahaya! Jangan Tidur di Waktu-waktu Ini Jika Kamu Peduli dengan Kesehatanmu

Ilustrasi seseorang yang tidur di waktu yang tidak tepat karena dapat membahayakan kesehatan. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Pada dasarnya tidur merupakan aktivitas beristirahat yang baik dilakukan. Hanya saja, beberapa hal justru dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Misalnya tidur yang terlalu lama hingga tidur pada waktu-waktu tertentu.

Ya, tidur yang normal umumnya dilakukan pada malam dan siang hari. Selain itu kamu perlu memastikan kembali, apakah kamu tidur di jam yang tepat. Adapun waktu yang tidak disarankan untuk tidur, di antaranya;

Setelah salat subuh atau awal pagi


Jika selama ini banyak orang tua beranggapan bahwa usai salat subuh dilarang tidur kembali. Hal ini sebenarnya tidak melulu menyangkut agama. Melainkan ada maksud baik tertentu yang bisa didapatkan.

Selain mood yang menjadi buruk, melakukan aktivitas menjadi tidak bersemangat atau malas, menghambat datangnya rejeki, tidur di awal pagi juga dapat mempengaruhi kesehatan.

Setelah makan

Rasa kantuk selepas makan kerap kali kit rasakan. Terlebih saat perut dalam kondisi kenyang. Namun, memilih tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan. Maka sebaiknya beri jeda waktu beberapa menit hingga makanan selesai dicerna dengan baik oleh tubuh.

Tidur sepanjang hari

Alih-alih ingin badan sehat dan lebih fresh, seseorang justru lebih memilih untuk tidur sepanjang hari. Dengan kata lain, tidur dalam waktu yang cukup lama. Hal ini justru akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Selain itu dapat mematikan hati serta menimbulkan rasa malas.

Menjelang magrib

Tidur pada waktu selepas ashar hingga magrib juga tidak dianjurkan. Dalam banyak kasus, hal ini kerap membuat seseorang menjadi linglung, pusing, dan lebih mudah merasa sakit. Bahkan, banyak yang beranggapan bahwa tidur sore hari juga dapat pikiran dan jiwa seseorang terganggu.

Menurut dokter, umumnya tidur yang tepat untuk orang dewasa sekitar 8-10 jam setiap hari. Pada malam hari tidur selama delapan jam (normalnya pukul 9 malam hingga 5 pagi) dan jika memungkinkan 2 jam di siang hari (bisa dilakukan pada pukul 1-3 siang).

Namun, karena aktivitas yang padat biasanya tidak memungkin untuk seseorang tidur lebih lama. Tak ayal jika ada waktu senggang beberapa orang justru menggunakannya untuk tidur di sepanjang hari. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev