Iklan Banner Sukun
Ragam

Bagi Pemburu Beasiswa, Ini Beberapa Istilah Yang Wajib Diketahui

(Foto: Jasmine Coro, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Beasiswa adalah salah satu fasilitas yang sangat dicari dan dinantikan oleh mahasiswa. Ragamnya pun ada banyak, dan tersedia untuk hampir semua jenjang pendidikan perguruan tinggi. Mulai dari tingkat diploma, strata satu, sampai doktoral.

Para pencari beasiswa hanya perlu mencari dan mencari, maka mereka akan menemukan banyak sekali informasi beasiswa berserakan di mana-mana. Nah, untuk memahami apa saja beasiswa yang tersedia dan apa saja yang di-cover oleh beasiswa yang akan kita ikui, istilah-istilah ini perlu kalian pahami.

Full Scholarship: Yaitu beasiswa penuh, dari tuition fee, living allowance, tiket kendaraan pulang pergi, asuransi, hingga biaya penerbitan visa. Partial Scholarship: Yaitu istilah untuk beasiswa sebagian. Pemberian beasiswa berupa tuition fee dan hal-hal kebutuhan kampus saja atau living allowance saja.

Fellowship: Hampir serupa dengan beasiswa tetapi untuk tujuan lebih spesifik dan biasanya tanpa gelar. Misal penelitian bidang tertentu yang menjadi isu terbaru, penelitian kebutuhan suatu perusahaan. Fellowship biasa disediakan oleh sebuah perusahaan.

Teaching Assistant (TA): Ini lebih tepatnya dikenal sebagai balas jasa yang diberikan oleh universitas atau profesor karena bantuan seorang peneliti dalam hal akademis (asisten), misal mengajar atau mengoreksi tugas. Research Assistant (RA): Sedikit berbeda dengan Teaching Assistant, Research Assistant adalah balas jasa yang diberikan universitas atau profesor karena seorang peneliti telah membantu penelitiannya.

Grant atau Hibah: Bantuan yang diberikan pada individu dalam hal penelitian. Biasanya yang memberi adalah pemerintah atau pihak swasta. Award atau Penghargaan: Yaitu bantuan pendidikan yang diberikan pada individu karena kontribusi atau jasanya atas suatu hal yang spesifik.

Selain istilah soal beasiswa, ada pula istilah berkaitan dengan administrasi dan kelengkapan beasiswa. Diantara, LOA (Letter of Acceptance): Merupakan surat yang dikeluarkan oleh institusi atau universitas yang menerangkan bahwa seseorang telah diterima sebagai calon mahasiswa.

LOA Conditional: Adalah surat LOA yang bersyarat. Terdapat beberapa poin yang harus dipenuhi penerima beasiswa agar dapat memulai perkuliahan. LOA Unconditional: Merupakan LoA tanpa syarat. Artinya penerima beasiswa sudah dapat mengikuti perkuliahan sesuai jadwal yang tertera dalam LoA tersebut.

Living Allowance atau Monthly Allowance: Biasa disingkat LA, yaitu insentif yang diberikan oleh penyelenggara beasiswa guna kehidupan sehari-hari. Bahasa uang saku bulanan. Settlement Allowance atau Installation Cost: Istilah ini biasa disingkat SA, merupakan insentif yang diberikan oleh penyelenggara beasiswa untuk kebutuhan penerima. Biaya taxi dari dan menuju bandara, beli perabot, dan lain sebagainya.

Book Allowance: Komponen pembiayan pemberi beasiswa guna keperluan pembelian buku kuliah. Travel Allowance: Istilah untuk komponen biaya yang berkaitan dengan tiket perjalanan.

Family Allowance: Adalah biaya tambahan yang diberikan untuk penerima beasiswa yang telah menikah. Force Majeure: Komponen yang hanya dapat dicairkan bila terjadi hal – hal di luar kendali sesuai dengan kontrak yang ditandatangani.

Sekian istilah penting yang wajib diketahui para pemburu beasiswa. Jangan sampai salah menggunakan istilah dalam proses pencarian beasiswa. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar