Iklan Banner Sukun
Ragam

Awas! Ini Tanda-Tanda Skin Barrier Sudah Rusak

(Foto: Jenna Hamra, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Ketika melakukan perawatan pada kulit wajah, salah satu yang harus kalian perhatikan adalah skin barrier. Pastikan kalian sudah menjaga skin barrier agar kandungan pada skincare bisa diserap dengan baik.

Namun saat skin barriers sudah rusak, ada baiknya produk perawatan yang harus kalian utamakan adalah yang bisa memperbaikin skin barrier terlebih dahulu.

Lalu apasih sebenarnya skin barrier?

Skin barrier adalah lapisan seperti perisai yang berada di bagian paling atas kulit. Lokasinya tepat di atas dermis yang melindungi saraf, pembuluh darah, kelenjar keringat, serta kolagen dan elastin protein yang berfungsi menjaga kulit tetap kenyal.

Biasanya, skin barrier akan mulai menipis saat seseorang sudah memasuki umur 40 tahun. Namun, bisa juga karena bahan-bahan skincare yang keras, terpapar sinar matahari berlebihan, atau kurang tidur akan menyebabkan skin barrier menjadi rusak.

Berikut ini beberapa tanda skin barrier telah mengalami kerusakan.

1. Muncul ruam kemerahan

Tanda paling jelas yang bisa didektesi adalah munculnya ruam kemerahan pada kulit wajah. Memang tidak ada rasa sakit yang ditimbulkan, namun kondisi ini menjadi tanda bahwa lapisan ganda lipid di kulit suda mulai rusak. Kulit wajah sudah tak mampu melawan serangan debu, radiasi, polutan, serta bakteri lainnya.

Inilah yang membuat timbul kemerahan pada kulit lantaran kulit sudah kehilangan perisainya. Selain itu, ruam merah pada kulit juga bisa menjadi indikasi adanya iritasi.

2. Kering dan kusam

Tanda lainnya yang bisa kalian rasakan secara jelas adalah saat kulit wajah terasa sangat kering, kesat, kusam, bahkan hingga bersisik. Penyebabnya adalah menurunnya kadar kelembapan pada kulit.

Rusaknya pelindung kulit membuat baktreri jadi mudah masuk. Sehingga kulit terkena radikal bebas dan paparan sinar matahari sehingga tidak mampu melakukan regenerasi sel kulit.

Inilah fungsi dari lapisan ganda lipid yang mana untuk mengunci kelembapan kulit, namun jika lapisan ini rusak, maka kulit akan kehilangan kelembapannya.

3. Gatal

Biasanya, setelah timbul kemerahan dan kulit terasa kering, tanda selanjutnya yang muncul adalah rasa gatal. Pada tahap ini, kalian harus waspada dan segera melakukan upaya untuk mengembalikan skin barrier yang rusak. Jika tidak, iritasi akan berkelanjutan dan semakin parah

4. Sensitif

Saat skin barrier rusak, biasanya kulit akan menjadi lebih sensitive. Akibatnya, kalian menjadi tidak tahan dengan produk skincare tertentu. Alih-alih mengobati, kulit bisa semakin memburuk. Oleh karena itu, pastikan untuk melihat kandungan dalam skincare sebelum menggunakannya.

5. Jerawat

Ciri-ciri skin barrier rusak lainnya adalah terjadinya breakout atau munculnya jerawat yang semakin meningkat. Kondisi ini sebenarnya juga berhubungan dengan kebiasaan kalian yang over cleanse dan over exfoliate, yang mana tujuan awalnya untuk membuat kulit lebih bersih. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar