Iklan Banner Sukun
Ragam

Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Scan Barcode? Atasi dengan Langkah Berikut

Tangkap Layar Aplikasi PeduliLindungi

Surabaya (beritajatim.com) – Usai proses vaksinasi massal di Indonesia, aplikasi PeduliLindungi pun jadi salah satu syarat yang mesti dimiliki. Jika kalian hendak menikmati sarana publik, seperti melakukan perjalanan dengan moda transportasi (darat, laut, maupun udara), berkunjung ke pusat belanja, juga beberapa tempat makan skala Internasional.

Melalui aplikasi PeduliLindungi, kalian diminta untuk tunjukkan sertifikat vaksin yang dilanjutkan dengan scan barcode. Dengan scan barcode kalian pun bisa masuk pada fasilitas umum seperti mall, halte, atau naik kendaraan umum. Aturan scan barcode tersebut sejatinya diperlukan sebagai filter, pengunjung diizinkan untuk masuk atau tidak dapat karena belum vaksin.

Namun, belakangan ini muncul beberapa kendala pada aplikasi PeduliLindungi yang error dan tidak bisa digunakan, sehingga scan barcode di PeduliLindungi, tidak bisa log in, atau terjadi kesalahan data yang tercantum. Padahal kalian sudah resmi lakukan vaksin, tetapi memang itu terjadi akibat kesalahan aplikasi. Nah, guna perbaiki error di aplikasi PeduliLindungi seperti kejadian di atas, lakukan langkah berikut.

 

Pertama, Pastikan koneksi internet kalian stabil

Jika kalian tidak bisa scan barcode PeduliLindungi, itu bisa dikarenakan oleh koneksi internet yang kurang stabil. Sehingga proses pemindaian QR Code (scan QR) lewat aplikasi PeduliLindungi tidak berhasil.

Solusinya, harus menggunakan koneksi WiFi yang tersedia atau meminta tethering pada teman.

Kedua, Tutup aplikasi di background

Error juga bisa jadi karena kebanyakan aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem ponsel. Oleh karena itu, sebelum melakukan scan barcode PeduliLindungi, pastikan dulu tidak ada aplikasi lain yang sedang berjalan di latar belakang.

Ketiga, Cek pembaruan aplikasi PeduliLindungi

Jika masih saja belum bisa, itu bisa karena aplikasi PeduliLindungi atau Sistem Operasi (OS) kalian perlu diperbarui. Solusinya segera lakukan update, hal ini berguna untuk menyesuaikan spesifikasi serta sistem yang berjalan di aplikasi PeduliLindungi.

Untuk itu, pastikan Anda rutin mengecek pembaruan software atau melakukan update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru, untuk mencegah error aplikasi PeduliLindungi Pembaruan aplikasi PeduliLindungi bisa dilakukan melalui Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS).

Empat, Bersihkan data cache

Banyak file dan aplikasi lain yang terpasang juga bisa membuat aplikasi PeduliLindungi error, dan tidak bisa scan barcode, karena ruang penyimpanan ponsel juga semakin bertambah. Untuk mengurangi hal itu, cara yang bisa dilakukan dengan menghapus data cache. Data cache adalah data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel. Karena setiap aplikasi punya file cache masing-masing dan butuh ruang penyimpanan.

Untuk menghapus data cache, kalian bisa kunjungi pengaturan ponsel (Settings). Tak perlu khawatir, menghapus data cache aman dilakukan karena data aplikasi, seperti data login, dan sebagainya tetap ada dan tidak terhapus.

Kelima, Lakukan log in secara berkala

Jika tidak bisa scan barcode PeduliLindungi, kalian bisa lakukan login (masuk) dan logout (keluar) aplikasi PeduliLindungi berulang kali. Dengan ini, aplikasi akan memberi respon otomatis, sehingga fitur QR Code di dalam akan berfungsi seperti semula.

Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan saat aplikasi PeduliLindungi milik kalian terjadi masalah atau error. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar