Ragam

Apakah Kulit Dapat Didaur Ulang?

(Foto: Ranurte, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Ketika Anda melihat barang-barang seperti alas kaki, pakaian, tas tangan, furniture, dan perlengkapan lainnya, satu hal yang terlintas dalam pikiran adalah kulit. Kulit adalah bahan yang sangat serbaguna yang telah digunakan manusia selama lebih dari tujuh ribu tahun. Melihat dunia mode sudah cukup untuk memberitahu Anda betapa pentingnya kulit bagi pria.

Kulit adalah bahan yang fleksibel, kuat, dan tahan lama yang dihasilkan dari penyamakan kulit dan kulit binatang, sumber yang paling umum adalah domba, sapi, dan kambing. Hewan lain juga digunakan untuk memproduksi kulit, tetapi timbul pertanyaan: dengan meningkatnya produksi dan penggunaan kulit, apa dampaknya terhadap lingkungan?

Bisakah Anda Mendaur Ulang Kulit?

Kulit banyak digunakan saat ini, dan ke mana pun Anda pergi, Anda akan menemukan produk yang terbuat dari kulit. Hal ini menyebabkan banyak orang bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada kulit ketika sudah tua dan tidak layak untuk digunakan. Metode pembuangan terbaik adalah daur ulang, dan orang-orang yang sadar lingkungan mempertanyakan apakah kulit dapat didaur ulang atau tidak.

Ya, kulit bisa didaur ulang. Potongan kulit dapat dikumpulkan dari barang-barang kulit dan penyamakan kulit dan digunakan untuk membuat barang-barang kulit baru. Meskipun, banyak perusahaan daur ulang enggan mendaur ulang kulit. Hal ini disebabkan sulitnya menggunakan kulit lama untuk produk baru.

Beberapa orang mengatakan keengganan untuk mendaur ulang hasil kulit dari kurangnya pengetahuan tentang proses, dan yang lain mengatakan waktu, uang, dan sumber daya akan terbuang selama proses tersebut. Apapun alasannya, kulit tidak diterima di setiap pusat daur ulang. Jadi, jika Anda ingin membawa kulit bekas ke fasilitas daur ulang, Anda perlu memeriksa fasilitas yang menerima kulit.

Seperti kulit yang digunakan, kualitas keseluruhan bahan memburuk. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebagian besar barang yang mereka miliki akan didaur ulang, sehingga mereka tidak menggunakan dan mengelolanya dengan baik. Jika orang tahu bahwa sebagian besar barang akan didaur ulang, mereka akan menggunakannya dengan benar. (rad/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar