Ragam

Apa Itu Uang Kripto? Inilah Perbedaan Dogecoin dan Bitcoin

Anna, pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Dunia digital semakin canggih dengan adanya uang digital. Salah satunya keberadaan mata uang kripto. Mata uang kripto atau cryptocurrency dapat digunakan untuk membeli barang atau menukarkan mata uang lainnya seperti Dogecoin dan Bitcoin. Namun, Dogecoin sendiri pada awalnya dibuat sebagai lelucon dan akhirnya menjadi serius.

Baru pada tahun 2013, dibahaslah dua topik: Bitcoin dan meme “doji” oleh Billy Markus yaitu sebagai software engineer dari IBM dan Jackson Palmer selaku software engineer dari Adobe. Meskipun diawali dengan cerita lelucon dan akhirnya menjadi serius, telah berkembang menjadi salah satu mata uang kripto terbesar dan popularitasnya meledak dikalangan penggemar kripto di internet pada tahun 2021.

Sekarang, dogecoin disebut mata uang yang ramah karena bertujuan untuk mengenalkan mata uang kripto kepada masyarakat luas, yaitu pengguna internet. Ini karena harga dogecoin lebih murah dari pada bitcoin. Dan kedepanya akan dapat menarik perhatian masyarakat luas mengenai uang kripto jenis ini. Selain itu, bitcoin adalah mata uang kripto yang menggunakan sistem peer-to-peer (P2P) dan penemunya adalah Satoshi Nakamoto.

Dengan demikian, sistem akan bekerja tanpa administrasi tunggal. Sehingga oleh Departemen Keuangan AS sebagai mata uang terdesentralisasi. Diluncurkan di internet pada tahun 2009, koin ini terutama digunakan untuk transaksi internet tanpa perantara atau layanan perbankan. Bitcoin juga berbeda karena tidak tergantung pada penerbit utama.

Perbedaan Dogecoin dan Bitcoin

Bitcoin memiliki kelangkaan
Perbedaan antara kedua mata uang kripto tersebut adalah di ketersediaannya. Dogecoin unlimited atau tidak terbatas ketersediaanya. artinya , dogecoin dapat di terbitkan setiap hari bahkan setiap menit.

Ketersediaan yang tak terbatas tersebut memberikan dampak negatif pada nilai aset dalam jangka waktu tertentu. Bitcoin sendiri,, ketersediaanya hanya terbatas hanya sekitar 21 juta koin.

Dogecoin tidak diciptakan dengan serius
Perbedaan antara dua mata uang cripto selanjutnya yaitu tentang pembentuaknya agar aset kripto tersebut bisa menjadi mata uang digital terdesentralisasi yang menonjol adalah Tujuan Nakamoto menciptakan bitcoin. Para investor bitcoin memandang mata uang tersebut seperti emas dan dan sebagai investasi yang aman terhadap inflasi.

Distribusi Bitcoin Cenderung Lebih Merata
Meskipun dalam waktu terakhir mata uang kripto dogecoin di kembangkan oleh sekelompok orang yang memplagiat software bitcoin, namun bitcoin tetap memiliki ekosistem yang aman. Inilah yang tidak dimiliki dogecoin. Dikhawatirkan, bila antusiasme dogecoin mulai redup, tidak ada perubahan dan kemajuan teknologinya, dan dan tidak ada lagi investornya. [ptr/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar