Iklan Banner Sukun
Ragam

Apa Itu Kista, dan Bagaimana Gejalanya?

Ilustrasi kista yang timbul pada ovarium. (Sumber foto : pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kista adalah salah-satu penyakit yang sering diderita wanita. Umumnya, jenis kista yang ditemukan di wanita adalah kista ovarium. Lalu, apa sebenarnya penyakit kista itu, seberapa berbahaya untuk kesehatan? Langsung kita simak artikel selengkapnya berikut ini.

Kista adalah kondisi dimana sebuah benjolan berbentuk kapsul atau kantung yang muncul pada jaringan tubuh, benjolan tersebut berisi cairan, semisolid atau material gas dan bahan lainnya yang abnormal. Banyak orang sering menyamakan kista dengan kanker, padahal keduanya adalah penyakit yang berbeda.

Kista bisa tumbuh pada organ tubuh kita, tanpa ada rasa sakit. Bahkan, si penderita sering kali tidak menyadarinya. Benjolan yang menjadi ciri utama kista, tidak selalu terlihat, sebab beberapa kasus dia tumbuh di organ bagian dalam da bukan di bawah kulit.


Ada beberapa jenis kista, tergantung dimana dia tumbuh. Setiap kista yang tumbuh di jaringan tubuh kita memunculkan gejala yang berbeda. Berikut beberapa gejala yang bisa menjadi identifikasi ada kista di jaringan tubuh kita.

Kista Ovarium

Kista jenis ini sering menyerang perempuan pada usia produktif. Meski secara umum kista tidak menampakkan gejalanya di awal, jika dibiarkan dan terinfeksi, kista bisa membayahakan kesehatan bahkan menjadi penyebab kematian.

Untuk kasus kista ovarium, benjolan tumbuh pada kantong ovarium wanita. Secara umum, seseorang baru menyadari kista yang tumbuh di organ tubuhnya jika kista telah mengalami metastasis (penyebaran sel kista ke satu organ ke organ lainnya).

Gejala yang ditimbulkan pada kasus kista ovarium seperti: rasa nyeri di area vagina, pendarahan, nyeri pada saat buang air besar, nyeri pada panggul, perut bagian bawah dan perasaan kenyang juga rasa nyeri sebelum periode menstruasi dan akhir menstruasi. Jika kamu sering mengalami gejala di atas dan kamu bisa mulai konsultasikan kesehatanmu ke dokter.

Kista otak

Selain kista ovarium, kista otak adalah jenis yang paling umum ditemukan. Kista otak akan menimbulkan masalah, jika ia makin membesar dan menekan jaringan lain di sekitarnya. Gejala yang umum dialami oleh penderita kista otak adalah vertigo yang parah, sakit kepala, mual, pusing, hingga gangguan penglihatan.

Karena jenis kista ini tumbuh di dalam jaringan otak, salah-satu cara untuk mengetahui keberadaannya adalah dengan melakukan pemeriksaan MRI. Sementara itu kista yang tumbuh di bawah jaringan kulit lebih mudah terdeteksi di awal, sebab kita bisa melihat benjolan dari kista tersebut.

Itulah pengertian kista dan gejala yang ditimbulkannya bagi kesehatan. (Jhn/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar