Ragam

Anda Suka Memasak? Kenali 5 Jenis Tepung Ini

(Foto: Sonia Nadales, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia punya banyak ragam makanan yang menggunakan tepung sebagai bahan dasar, mulai dari kue sampai jajanan anak-anak. Makanan dengan tepung seperti gorengan memang sulit untuk ditolak, karena tepung yang digunakan juga berpengaruh terhadap rasa dan tekstur pada makanan. Kira – kira apakah anda sudah kenal jenis tepung dan kegunaannya? Jika belum, Anda wajib simak informasi jenis-jenis tepung dan kegunaannya, berikut simak selengkapnya!

1. Tepung Terigu

Tepung teligu adlaah salah satu jenis tepung yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis makanan yang menggunakan bahan tepung terigu yaitu seperti mi, roti, kue, gorengan.

Tepung terigu memiliki tekstur yang agak kasar dan melekat ditangan yang terbuat dari biji gandum. tepung terigu protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah adalah jenis tepung terigu yang sering kita temui di pasaran.

2. Tepung Tapioka

Tepung tapioca terbuat dari singkong, biasanya tapioka atau banyak yang menyebutnya sagu biasa digunakan untuk pembuatan bakso, pempek, kerupuk, siomay, dan kue basah adalah fungsi dari tepung tapioka. Tepung tapioca memiliki kesamaan warna dengan tepung terigu yaitu berwarna putih.

3. Tepung maizena

Tepung maizena terbuat dari jagung. Tepung ini berfungsi untuk bahan campuran dan pengental dalam jumlah yang sedikit, berbeda dengan tepung terigu dan tepung tapioka. mengentalkan sayuran capcay, sup, teriyaki, fla, dan lainnya Dalam masakan sehari-hari adalah manfaat dari tepung maizena.

4. Tepung Ketan

Tepung ketan berasal dari ketan hitam dan putih yang di giling hingga halus. Fakta uniknya tepung ini dapat berdiri sendiri tidak seperti jenis tepung lainnya. Dengan mencampurkannya dengan air hangat akan membentuk adonan yang lengket dan elastis. Cocok juga digunakan untuk adonan kue klepon, mochi, kue lapis dll.

5. Tepung Panir

Tepung panir terbuat dari remahan roti yang sudah di haluskan, tepung jenis ini adalah tepung yang memiliki tekstur paling kasar dari pada jenis tepung lainya. Biasanya tepung panir berfungsi untuk mengcrispykan bagian luar kulit makanan. Cocok juga saat digunakan untuk menggoreng risolles atau tempura.

Nah itu dia 5 jenis tepung yang tak asing di lidah, akan tetapi bukan hanya itu saja. Ada beberapa tepung lagi seperti tepung kentang, tepung samolina, tepung ubi. Selamat mencoba. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar