Iklan Banner Sukun
Ragam

Amalan Favorit Rasulullah Sebelum Tidur

Ilustrasi [Andrea Piacquadio/pexels.com]

Surabaya (beritajatim.com) – Alqurán merupakan pedoman dan tuntunan bagi umat Islam yang ada di seluruh dunia, berbagai tatanan dan cara menjalani kehidupan yang baik dan diridhai Allah ada di dalam kitab suci tersebut, termasuk tata cara dan doa sebelum tidur. Berikut amalan favorit Rasullulah SAW Sebelum tidur:

1. Menjaga Diri Memiliki Wudhu
Amalan kebiasaan Rasulullah sebelum tidur yang pertama ialah mengambil air wudhu, layaknya hendak mengerjakan sholat. Air akan membuat diri Anda lebih tenang, keadaan tubuh yang suci menjadi berkah tersendiri.

Apalagi tidur kerap dianggap sebagai kondisi setengah mati, ada pula yang mengalami kematian saat tidur. Sehingga keadaan suci menjadikan diri persiapan, apabila kita meninggal dengan posisi tidur dan bersih dari hadas. “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka berwudhulah sebagaimana wudhumu untuk sholat.” (HR. Al Bukhari no. 6311 dan Muslim no. 2710).

2. Perbanyak Dzikir Sebelum Tidur
Memperbanyak mengingat Allah atau dzikir menjadi kebiasaan amalan Rasululah sebelum tidur yang patut diterapkan. Bacaan ini akan membuat hati lebih tenang, sesuai dengan firman Allah, “Ala bidzikrillahi tathmainnul qulub (hanya dengan mengingati Allah, hati menjadi tenteram).” (Ar-Ra”du ayat 28).

3. Membaca Ayat Kursi
“Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR Al-Bukhari).

4. Membaca 2 Ayat Terakhir QS. Al-Baqarah
“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808)

Petunjuk Rasulullah pada Aisyah
Melansir dari NU online, sebagaimana diajarkan Rasululah saw kepada Sayyidah Aisyah ra. Beliau bersabda: “Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal. Pertama menghatamkan al-Qur”an. Kedua menjadikan para Nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Ketiga meminta ridha dari semua kaum muslimin. Keempat melaksanakan haji dan Umrah”. Kemudian Aisyah menjawab “bagaimana aku bisa melakukan keempat hal tersebut?”

Seraya tersenyum Rasulullah saw berkata “Apabila engkau membaca surat al-Ikhlas tiga kali, maka seakan-akan engkau telah menghatamkan al-Qur”an. Dan apabila engkau bershalat kepadaku dan kepada semua Nabi-Nabi maka engkau sama dengan menjadikan kami sebagai pemberi syafaatmu.”

“Dan apabila engkau beristighfar untuk kaum muslimin, maka engkau telah menjadikan mereka ridha kepadamu. Dan terakhir apabila engkau membaca tasbih seolah engkau telah melaksanakan haji dan umrah.”

Sehingga alangkah baiknya kita membaca surah Al-Ikhlas 3 kali, shalawat 3 kali, mendoakan orang tua dan seluruh umat Islam, dan dzikir tasbih sebanyak 7 kali: “Subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar, wa la haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adhim.”

Seperti dituturkan Aisyah, selalu membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. “Selanjutnya, beliau mengusapkannya ke seluruh tubuh yang biasa beliau jangkau. Di mulai dari kepala, wajah, dan bagian depan bagian tubuh beliau. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali.” (HR Bukhari, Muslim). [dep/bj0]


Apa Reaksi Anda?

Komentar