Iklan Banner Sukun
Ragam

Alasan Mengapa harus Bangga Terhadap Diri Sendiri

Ilustrasi (foto : Ian Schneider, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kebanyakan dari orang sering membandingkan diri sendiri dari orang lain. Membandingkan diri dari orang lain bias dalam aspek kehidupan yang bahagia, harta, keberuntungan dan sebagainya.

Namun tanpa kita sadari, sikap itu akan membuat kita larut dalam kesedihan dan tidak bersyukur. Akhirnya menuntun dan mendorong kita untuk mengkritik diri sendiri.

Seringkali kita mengalahkan diri sendiri dengan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal yang menurut kita benar dan tidak menjadi diri sendiri.

Hal yang perlu kita sadari adalah semua orang terlahir jauh dari kata sempurna dan memiliki kekurangan tak terhindarkan.

Hal yang seharusnya memang diluar kemampuan yang kita miliki itu wajar karena semua orang lahir dengan memiliki kemampuan dan keahlian tersendiri. Kita cenderung untuk menyalahkan diri sendiri karena segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan keinginan yang direncanakan. Jadi untuk kalian yang merasa di fase seperti ini, inilah alasan kamu harus bangga terhadap diri sendiri terhadap pencapaian dan menjadi diri sendiri, yuk simak !

1. Kamu berhasil survive

Ketika kita mempunyai masalah, masalah itu menyita semua waktu dan pikiranmu hingga kamu melupakan hal lain yang harus kamu lakukan. Itu akan berdampak kepada mental health dan pikiran kita yang berdampak pada kesehatan kita. Percaya atau tidak, kamu sudah melalui banyak hal, bertahan dalam segala situasi masalah hidup dan itu layak untuk diakui. Akui bahwa kamu berhasil dalam bertahan.

2. Kamu belajar bertumbuh dari masalah

Kamu akan berpikir bahwa kenapa kamu harus bangga terhadap diri sendiri karena kamu dapat belajar dari masalah dan kesalahan kamu sebelumnya. Karena dari kesalahan itu, kamu akan tau hal yang dapat kamu hindari dan kamu dapat berkembang dari kesalahanmu. Faktanya adalah ketika kamu melalui sebuah kesulitan dan masalah, secara tidak sadar kamu telah berhasil melaluinya yang sebelumnya kamu pikir itu tidak akan bisa kamu lalui. Pada akhirnya, kamu akan bertumbuh menjadi personal yang lebih baik.

3. Bantu sekitarmu

Ketika seseorang tengah membutuhkan bantuan mu, cobalah untuk membantunya dengan memberinya apa yang dia butuhkan. Dunia ini terlalu luas untuk kita terlalu egois untuk menikmatinya sendiri. Dengan membantunya dan membuat dia bahagia, itu akan dapat membuat kita bahagia juga.

4. Kamu punya talent dan skill

Seperti yang sudah tercantum sebelumnya, setiap manusia yang lahir kedunia memiliki keahlian dan kemampuan di bidangnya masing-masing. Jika kamu sudah mengetahui apa saja keahlian mu, asahlah lalu kembangkan keahlian kamu. Karena, kamu harus bangga terhadap skill yang kamu punya. Jika kamu belum mengetahui apa saja keahlian kamu, galilah dan cari tau.

Dari penjelasan diatas, jangan pernah berhenti untuk bermimpi. Bermimpilah dengan tinggi hingga kamu lupa bahwa karena kamu telah berfikir kamu tidak berharga. Buang energi negatif yang bisa membuat kamu down. Segera bangkit dan memperbaiki! [rad/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar