Iklan Banner Sukun
Ragam

Alami GERD? Coba Konsumsi Makanan Pereda Asam Lambung Berikut

Gejala Gerd segera atasi dengan bahan sederhana ini. (Sumber foto: Towfiqu Barbhuru, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Saat penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) kambuh, pilihan makanan bagi penderita relatif terbatas. Namun, ada beberapa jenis makanan aman, bahkan bisa membantu meredakan gejala GERD.

GERD saat ini telah menjadi penyakit yang umum di seluruh dunia. Di Indonesia menurut “Jurnal Penyakit Dalam Indonesia” tahun 2019, prevalensinya bahkan mencapai 22,8 persen.

Orang yang menderita GERD akan mengalami berbagai keluhan pada tubuhnya. Seperti rasa terbakar pada area dada, kesulitan menelan, batuk kering, serta rasa nyeri pada perut atau ulu hati.

Ada beberapa cara yang bisa diupayakan guna mencegah kambuhnya penyakit asam lambung. Misalnya, dengan konsumsi makanan dalam

porsi kecil tetapi sering atau mengatur waktu tidur setidaknya tiga jam usai makan. Selain itu, asupan juga perlu diperhatikan.

Namun tidak perlu khawatir, karena ada makanan dan minuman yang akan membantu Anda untuk mencegah asam lambung naik, maupun meredakan gejalanya ketika GERD kambuh laga. Berikut ini daftarnya.

Lidah buaya

Sejumlah riset mengemukakan jika daging dan lendir pada lidah buaya dapat secara efektif mengurangi gejala refluks asam lambung. Lidah buaya cocok dikonsumsi bagi Anda yang butuh asupan saat terkena GERD.

Sayuran

Sayuran hijau atau wortel dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan membantu mencegah asam lambung. Namun dengan catatan sayuran tersebut tidak dimasak dengan terlalu banyak bawang atau cabai.

Havermut

Makanan tinggi serat seperti havermut atau oatmeal dapat membantu ketika Anda mengalami gejala asam lambung naik seperti sensasi terbakar pada area dada. Jenis biji-bijian utuh ini akan mudah dicerna sehingga tidak menimbulkan asam pada saluran pencernaan.

Teh kamomil

Teh kamomil (chamomile) bermanfaat untuk menenangkan perut. Minuman ini kaya akan zat anti radang. Teh yang berasal dari bunga ini juga bisa membantu meredakan stres, yang merupakan salah satu pemicu asam lambung naik.

Buah-buahan non-acidic

Jenis buah-buahan yang tergolong non-acidic antara lain pisang, melon, apel, pir, dan pepaya. Kandungan serat yang tinggi pada buah tersebut akan membantu pencegahan gangguan pencernaan.

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebelum Anda terkena GERD konsumsi makanan sehat, dan pola hidup teratur akan sangat berguna untuk mencegah. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar