Ragam

Akan Segera Rilis, Ini Dia Trik-Trik Tersembunyi iOS 15

(sumber : apple.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Jika tidak ada perubahan, hanya tinggal beberapa hari saja Apple akan merilis produk-produk baru mereka. September 2021 menjadi waktu yang mereka pilih untuk meluncurkan iPhone 13 dengan sistem operasi terbaru iOS 15, dan iPad OS 15.

Beberapa pembaharuan di iOS 15 adalah hilangnya mode Do Not Disturb diganti Focus Mode, peningkatan fitur Face Time, tweaks di iMessage, dan perubahan di Safari. Jika anda ingin segera merasakan pengalaman menggunakan iOS 15, Apple sudah menyediakan versi public beta di situs resmi mereka.

Meski Apple sudah menyebutkan apa saja pembaharuan yang akan mereka berikan seperti di atas tadi. Ternyata masih ada beberapa fitur tersembunyi yang sangat fungsional dan menarik.

Menyalin teks dengan kamera

Di iOS sebelumnya, iPhone sudah memberikan opsi scan dokumen melalui aplikasi note. Anda bisa melakukan scan dokumen dan menjadikannya file pdf atau gambar. Sekarang, dengan hadirnya iOS 15, Apple memberikan fitur yang lebih keren lagi.

Kita bisa menyalin teks, paragraf, atau dokumen cetak ke dalam dokumen digital, dalam bentuk tulisannya saja. Bukan pdf atau gambar. Caranya mudah. Anda hanya perlu masuk ke lembar kerja atau text field, dan tekan beberapa detik di lembar kosong tersebut.

Nantinya akan muncul pop up menu bertuliskan scan text. Sentuh menu tersebut, dan keyboard anda akan berubah menjadi view finder kamera. Arahkan kamera anda pada dokumen atau tulisan apapun yang ingin anda salin.

Ketika kamera anda sudah tepat menangkap tulisan tersebut, akan muncul live preview dan siap untuk disalin. Akan muncul tombol insert, dan ketika anda sentuh, tulisan yang anda tangkap akan langsung tersalin ke lembar kerja.

Anda juga bisa menyalin alamat email atau nomok telepon dari kartu nama tanpa harus mengetik. Tinggal scan dan selesai.

Drag and drop

Fitur ini sudah sejak lama ada di iPad. Anda bisa memindahkan file foto, dokumen, atau tulisan dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan isntan. Dan di iOS 15, fitur ini juga akan bisa digunakan di iPhone.

Jika anda ingin membagikan foto dengan teman melalui whatsapp misalnya, cukup dengan men-drag foto yang ada di aplikasi Photos ke whatsapp. Caranya, buka aplikasi Photos dan temukan foto yang ingin anda bagikan. Tekan foto tersebut dan tahan beberapa detik. Foto tersebut nantinya akan melayang dibawah jari anda. Jangan anda lepaskan, lalu dengan jari yang lain, swipe up layar atau klik home button untuk kembali ke beranda.

Kemudian buka Whatsapp, dan cari kontak teman yang ingin anda kirimi foto. Anda akan menemukan lingkaran hijau dengan tanda plus (+) yang artinya anda bisa mengangkat jari, foto tersebut akan masuk ke text field dan siap untuk dikirim.

Anda juga bisa melakukannya untuk memindah dokumen dari aplikasi Files ke email, misalnya.

Informasi EXIF di poto yang lebih detail

Ketika mengambil foto dengan iPhone, biasanya kita diberi pilihan apakah ingin menyertakan informasi lokasi pengambilan gambar. Jika iya, kita bisa menemukan informasi tersebut dengan membuka gambar yang kita inginkan di aplikasi Photos, lalu men-swipe-nya ke atas. Maka akan muncul informasi di mana kita mengambil gamvar tersebut dan kapan.

Di iOS 15, informasi yang bisa kita dapatkan dari EXIF foto akan semakin banyak. Bukan hanya tempat dan tanggal tetapi juga detail mengenai tipe iPhone apa yang kita gunakan untuk mengambil gambar, jenis lensa, ukuran file gambar, resolusi sampai setting ISO, lensa berapa milimeter, ukuran bukaan lensa, serta sutter speed.

Penyesuaian ukuran font di aplikasi tertentu

Selama ini, kita diberikan kebebasan untuk mengatur ukuran font di iPhone sesuai dengan kebutuhan kita. Namun, setting tersebut akan berlaku untuk semua aplikasi dan semua tampilan. Kali ini di iOS 15, Apple memberikan fungsi baru dimana kita bisa menyesuaikan ukuran font untuk masing-masing aplikasi. Aps-by-aps.

Artinya, anda bisa melakukan penyesuaian ukuran font di email dengan ukuran medium 80 persen, lalu menyetel font di twitter dengan ukuran yang berbeda. Caranya, buka menu Setting, Control Center, cari menu Text Size lalu klik di lingkaran hijau dengan tanda +.

Selanjutnya, ketika anda berada di sebuah aplikasi dan ingin mengatur ukuran font, anda cukup buka control center dengan swip layar ke atas di iPhone dengan touch ID, atau swipe ke bawah dari pojok kanan atas layar untuk iPhone yang menggunakan face ID, lalu sentuh menu text size. Slide tombol bagian bawah ke sisi kiri yang menandakan anda hanya ingin mengatur ukuran font di satu aplikasi saja, kemudian atur ukuran font sesuai keinginan dengan menaik-turunkan menu batang di sana. [tur/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar