Ragam

Agar Tidak Mudah Terpapar Hoaks, Miliki Kemampuan Literasi Digital Berikut

Literasi digital adalah langkah penting untuk menghadang laju hoaks (foto : Headway, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Saat kalian berselancar di media sosial, atau berselancar di website untuk mencari informasi, tentu membutuhkan skill tertentu. Kalian harus tahu qwords atau kaca kunci yang hendak dicari demi mempermudah pencarian informasi secara utuh.

Dikutip dari Kerangka Gerakan Nasional Literasi Digital 2021-2024 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia.

Dalam pemahaman dunia digital, kita membutuhkan literasi digital. Literasi digital adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, yang terhubung dengan jaringan.

Literasi digital memungkinakn kita untuk cakap dan berpengetahuan dalam menggunakan, menemukan, mengevaluasi, membuat informasi, juga memanfaatkan secara cerdas, cermat, sehat, bijak, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari kaitannya dengan dunia digital.

Dengan kemampuan literasi digital, kita bisa terbebas dari jerat pasal UU ITE. Berikut kemampuan literasi digital yang harus kalian miliki.

Digital Skill

Kemampuan ini berhubungan dengan kemampuan individu dalam mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras, perangkat lunak, serta sistem operasi digital dalam kehidupan sehari-hari. Dengan digital skill kalian mampu mengoperasikan smartphone, laptop, atau piranti komputer secara bijak.

Digital Culture

Yaitu kemampuan dalam bentuk aktivitas masyarakat di ruang digital dengan tetap memiliki wawasan kebangsaan, nilai Pancasila, dan kebhinekaan. Saat beraktivitas di ruang digital kalian tetap harus paham sebagai warga Indonesia, untuk tidak melakukan hal sembarangan. Sebab, akan ada konsekuensi jika kalian bertindak sembarangan yaitu UU ITE yang bisa menjerat hingga berakhir di penjara.

Digital Ethics

Digital ethics atau bisa disebut etika digital adalah kemampuan menyadari, mempertimbangkan, dan mengembangkan tata kelola etika digital (netiquette) dalam kehidupan sehari-hari. Setiap portal digital punya etikanya tersendiri, jadi ketahui itu sebelum berselancar di dunia digital.

Digital Safety

Seringkali kita mendengar seseorang yang terserang akun sosial medianya. Salah satu alasannya karena kurang memiliki kemampuan digital. Digital safety merupakan kemampuan masyarakat untuk mengenali, menerapkan, meningkatkan kesadaran perlindungan data pribadi, dan keamanan digital. Keamanan kalian di dunia digital perlu benar benar dijaga, karena ketika bocor bisa menyebabkan kehilangan ruang pribadi bahkan bisa kehilangan uang.

Literasi digital, penting kalian miliki. Menjadi netizen tidak hanya berupa kebebasan ruang, tapi juga harus paham hal yang tidak, boleh, dan harus dilakukan. [dan/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar