Iklan Banner Sukun
Ragam

Agar Tak Kecanduan, Rekomendasi 3 Aplikasi untuk Mengawasi Anak Saat Bermain Handphone

Ilustrasi anak-anak (Jessica, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Jaman sekarang teknologi sudah canggih, anak kecil pun telah pandai dalam menggunakan gawai. Para orang tua juga seharusnya lebih pintar. Namun jika sampai tidak dikontrol bisa buka macam macam bahkan yang belum umurnya.

Tapi yang paling umum biasanya mereka bisa install game atau aplikasi sendiri, yang tentunya bisa bikin kuota dan memori gawai cepat habis.

Bagi Anda yang takut si kecil buka yang macam-macam, tenang karena ada beberapa aplikasi yang bisa mengontrol aktivitasnya. Cobalah gunakan beberapa aplikasi berikut ini untuk mengawasi dan membatasi dari jauh.

Google Family Link

Rekomendasi pertama yaitu aplikasi dari Google yang bernama Google Family Link. Anda bisa membatasi waktu pemakaian perangkat dan mengunci perangkat sesuai yang telah diatur.

Anda juga dapat menyetujui atau memblokir aplikasi yang ingin diunduh oleh anak dari Google Play Store. Dengan pengawasan ini tentu si kecil tidak akan lagi berlaku sembarangan dan bisa menyesuaikan dengan kategori dari umurnya.

Kids Place – Parental Control

Fitur pada aplikasi ini cukup lengkap seperti dapat membantu untuk mencegah anak membuat panggilan telepon, melakukan SMS, dan mendownload aplikasi baru.

Selain itu dapat digunakan untuk memblokir pembelian di Play Store, memblokir situs web, dan mengatur durasi penggunaan gadget. Melalui aplikasi ini orang tua dapat mengontrol dari jarak jauh aktivitas yang dilakukan oleh sang anak.

Qustodio Parental Control

Selain fungsi pengawasan gadget, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melacak, memfilter panggilan, memantau SMS, hingga melacak keberadaan ponsel anak.

Aplikasi ini dapat membantu Anda sebagai orang tua mengawasi hingga 15 perangkat sekaligus. Aplikasi ini cocok bagi Anda yang mungkin memiliki beberapa anak kecil sekaligus.

Bagi Anda yang misalnya masih belum berkeluarga mungkin saja punya adik, bisa merekomendasikan beberapa aplikasi tersebut.

Tujuannya tentu agar si kecil tidak melakukan aktivitas sembarangan yang belum waktunya dilakukan. Selain itu tontonan juga penting di bawah pengawasan dari orang tua agar tidak terganggu untuk tumbuh kembang psikis dari sang anak. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar