Ragam

Ada yang Beracun, 4 Bahan Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah

(foto : Andrey K, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Pernahkah Anda memakan bahan makanan yang masih mentah? Atau tidak melalui proses pemasakkan terlebih dahulu. Sebaiknya hentikan kebiasan buruk ini, selain tidak sehat untuk usus ada beberapa bahan makanan yang beracun jika dimakan dalam keadaan masih mentah.

Melansir dari salah satu sumber, Sabtu (28/8/2021) sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari California University, Harvard University, dan lembaga lainnya, melakukan uji coba pada dua tikus dengan memberikan mereka masing-masing makanan mentah dan matang.

Hasilnya, Tikus yang diberi makan ubi jalar mentah memiliki keanekaragaman bakteri yang lebih buruk di usus. Nah berikut ini beberapa jenis makana yang tidak boleh dimakan mentah, seperti dilansir dari Eat this:

Kentang

Jenis umbi ini menjadi makanan favorit semua kalangan. Hal ini karena pengolahan kentang yang bisa beraneka ragam seperti digoreng, dipanggang, atau direbus. Namun kentang tidak boleh dimakan mentah, karena mengandung senyawa beracun yang disebut glikoalkaloid. Senyawa ini dapat memperburuk sistem pencernaan. Belum lagi, rasa dan tekstur kentang mentah juga tidak enak.

Kacang merah

Jenis kacang ini mengandung lektin tingkat tinggi, senyawa ini dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan yang parah. Agar tidak beracun, kacang merah harus dimasak selama setengah jam, dan airnya harus ditiriskan sepenuhnya untuk memastikan semua lektinnya dapat keluar.

Telur

Telur tidak boleh dimakan saat masih mentah karena rentan terkontaminasi bakteri Salmonella. “Untuk memastikan bakteri yang ada terbunuh, telur harus dimasak pada suhu yang aman, yaitu 145 ° F. Jika telur dicampur dengan bahan lain, telur harus dimasak hingga 160 ° F,” kata Alexandra Oppenheimer Delvito, M.S., R.D., C.D.N., ahli diet terdaftar yang berbasis di New York.

Daging

Baik daging sapi, babi, atau ayam tidak boleh dimakan mentah. Daging harus dimasak sampai suhu internal minimum yang aman. Untuk daging giling, suhu 160°F. Untuk steak daging sapi atau domba, daging panggang, atau daging cincang, suhu 145°F, kemudian didiamkan selama tiga menit. Dan untuk daging babi, itu 145 ° F, kemudian biarkan selama tiga menit. Kalkun dan ayam harus mencapai suhu internal 165 ° F. [rsf/bjo]



Apa Reaksi Anda?

Komentar