Iklan Banner Sukun
Ragam

9 Julukan Bagi Penggemar Buku, Anda Termasuk yang Mana?

Ilustrasi orang sedang membaca buku. (Joel Muniz, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi Anda yang gemar membaca dan suka koleksi buku, ternyata punya julukan tersendiri. Julukan ini berdasar pada banyak aspek, mulai dari kecintaannya dengan buku, hingga tempat dan kenyamanan dalam membaca buku.

Berikut ini beberapa julukan yang bisa disematkan kepada para pencinta buku. Mulai mencintai buku dari tahap wajar hingga pembaca yang paling obsesif.

1. Bibliophile

Sebutan bibliophile berlaku untuk orang yang membaca, merawat, dan mengoleksi buku. Namun, kecintaan mereka yang bibliophile terhadap buku masih termasuk pada taraf aman. Karena, seorang bibliophile tidak terobsesi dan mereka menyukai dalam tahap wajar.

2. Bibliomania

Berbeda dengan bibliophile yang masih dalam tahap wajar, jika bibliomania ini senang mengoleksi buku, tapi tidak semuanya dibaca. Mereka punya obsesi untuk mengoleksi buku sebanyak mungkin, jadi koleksinya bisa menumpuk begitu saja tanpa dirawat dan bahkan beberapa tidak dibaca.

3. Tsundoku

Istilah yang ketiga ini berasal dari Jepang. Istilah ini dipakai untuk menggambarkan seseorang yang membeli buku hanya untuk pajangan juga koleksi, tanpa ada niat untuk membacanya.

4. Bibliotaphs

Julukan ini digunakan pada seseorang yang senang mengoleksi buku, dan menyimpan koleksinya dengan begitu baik, namun cenderung disembunyikan. Mereka melakukan ini agar koleksi buku mereka tidak disentuh dan dipinjam oleh orang lain, karena mereka takut bukunya rusak atau hilang.

5. Abibliophobia

Sebutan ini disematkan untuk mendeskripsikan seseorang yang bisa merasa frustasi ketika kehabisan bahan bacaan. Oleh sebab itu, mereka sering mengulang bagian-bagian tertentu dalam buku, supaya bukunya tidak habis-habis.

6. Bibliognost

Untuk bibliognost ini merupakan istilah yang digunakan menggambarkan seseorang yang mengetahui segala sesuatu tentang buku. Bahkan sampai ke hal-hal mendetail seperti daftar pustaka.

7. Bookworm

Berbeda dengan bibliophile yang senang membaca sambil mengoleksi buku, kalau bookworm ini suka banget sama buku, tapi cuma sebatas membaca aja. Mereka tidak ada keinginan buat mengoleksi bukunya sama sekali.

8. Omnilegent

Istilah omnilegent diberikan untuk mendeskripsikan seseorang yang bisa membaca semua genre buku. Baik itu berupa genre fiksi maupun nonfiksi, dengan tema fantasi atau pun biografi seseorang, semuanya dibaca tanpa pandang bulu.

9. Librocubicularist

Membaca buku di tempat tidur juga ternyata ada sebutannya. Librocubicularist adalah julukan yang digunakan untuk menyebut seseorang yang suka baca buku di atas tempat tidur.

Anda penggemar berat buku, kira kira masuk yang mana? Coba sesuaikan dengan beberapa julukan tersebut. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar