Iklan Banner Sukun
Ragam

Ini yang Bisa Anda Lakukan Ketika Telat Menerima Gaji Dari Perusahaan

(Foto: Karolina Grabowska, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Di dunia profesional kerja, secara ideal di setiap tanggal gajian kita akan menima sejumlah uang sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan. Namun, sebagian orang mungkin pernah mengalami telat menerima gaji.

Alasannya pun beragam. Bisa jadi tanggal gajian bertepatan dengan hari libur atau perusahaan sedang mengalami kekurangan dana untuk memberikan gaji secara langsung ke seluruh pegawai.

Jika anda mengalami hal tersebut, beberapa cara ini bisa anda lakukan demi mendapatkan kejelasan informasi mengenai hak yang harusnya anda terima.

Berani untuk menanyakan langsung

Ada sebuah pepatah jika “malu bertanya, sesat dijalan” ternyata ini benar adanya. Maka dari itu, sebelum mengambil tindakan lebih jauh, lebih baik menanyakan langsung penyebab gaji ditunda.

Ketika kita bertanya langsung, maka kita bisa mengetahui penyebabnya sehingga dapat menentukan langkah selanjutnya. Selain itu, setelah kita menanyakan penyebab, maka kita bisa memastikan kapan gaji akan cair.

Maka dari itu, kita tidak perlu sungkan, takut ataupun malu. Tentu saja, kita sudah mengerti jika gaji merupakan hak kita dan kewajiban perusahaan. Maka menjadi sesuatu yang wajar untuk memastikan dan bertanya kepada pihak-pihak yang tepat seperti bagian keuangan. Namun, gunakan kata yang baik dan sopan ya!

Sediakan Dana Darurat

Ketika ada penundaan gajian di tempat kerjamu, maka lebih baik kita memiliki tabungan sebagai dana darurat. Fungsi dari dana darurat memungkinkan kita dapat beraktivitas dengan lancar tanpa terhambat walaupun gaji telat dicairkan.

Maka dari itu, kita perlu membuat kedisiplian menyisihkan uang setiap menerima gaji. Bahkan jika perlu, pisahkan antara tabungan dengan tujuan tertentu, seperti membeli mobil, rumah, hingga dana kesehatan.

Setelah itu, kumpulkan dana darurat dengan tujuan digunakan saat darurat atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Tapi ketika merasa kesulitan, kita bisa menggunakan jasa konsultan keuangan pribadi atau berbagai aplikasi manager keuangan di smartphone yang mudah diakses dan digunakan kapan saja

Meminta Pengunduran Diri

Ini bisa menjadi pilihan yang paling akhir untuk melakukan mengundurkan diri ketika memang sudah tidak tahan dengan cara kantor menggaji karyawan, apalagi jika tidak ada alasan penundaan yang jelas.

Ingat untuk tetap bersikap profesional dan bertanggung jawab hingga hari terakhir kerja supaya nama baikmu terjaga.

Beberapa pilihan yang bisa dilakukan untuk menghadapi telat gajian di kantor. Namun, yang terpenting adalah tetap menjaga sikap toleransi meskipun telat gajian ketika hanya sekali atau dua kali. Jika terlalu sering, maka kita perlu mempertimbangkan posisi sebagai karyawan. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan