Iklan Banner Sukun
Ragam

Sudah Minum Kopi Tapi Masih Tetap Mengantuk, Ini Penjelasannya

(Foto: Kaboompics, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Bukan hanya teman mengobrol yang asik, kopi juga merupakan obat kantuk yang sering diandalkan banyak orang. Kopi membuat kita terjaga, bahkan kadang sampai tak bisa tidur hingga subuh datang. Namun, ada sebagian orang yang justru masih merasa mengantuk setelah minum kopi. Mengapa demikian?

Seperti dilansir dari Self, Rabu (29/9/2021) Ajay Sampat, M.D., asisten profesor klinis di UC Davis Health mengatakan, kafein memberikan efek yang berbeda pada tiap orang. “Ada begitu banyak elemen yang berbeda dengan ini. Setiap orang bereaksi berbeda terhadap kafein.” Selain itu masalah kesehatan serta gaya hidup juga berpengaruh. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan Anda tetap mengantuk walaupun sudah minum kopi:

Dosis andosin habis

Adenosin adalah neurotransmitter atau sejenis zat kimia yang menyebabkan kelelahan ketika zat tersebut tidak memiliki pasokan yang cukup di otak Anda. Melansir dari salah satu laman, kafein dalam kopi akan menghalangi reseptor adenosin di otak Anda untuk menerimanya.

Sambil mencegah otak Anda menerima adenosin, tubuh Anda masih memproduksi neurotransmitter. Alhasil ketika kafein habis, Anda memiliki penumpukan adenosin yang datang ke seluruh tubuh Anda sekaligus membuat Anda mengantuk.

Cepat dehidrasi, cepat kelelahan

Kopi merupakan senyawa diuretik. Minum kopi untuk membuat Anda tetap terjaga justru dapat mempercepat dehidrasi dan kelelahan. Sama dengan mengonsumsi teh, minum kopi juga dapat membuat Anda sering ke toilet dan akhirnya menyebabkan dehidrasi. Selain itu dehidrasi juga menyebabkan kurangnya oksigen sehingga Anda menjadi malas dan kelelahan.

Terlalu banyak gula

Menambahkan terlalu banyak gula ke kopi akhirnya menyebabkan aliran gula di dalam tubuh tinggi. Namun gula diproses sangat cepat oleh tubuh, sehingga Anda mengalami lonjakan energi dengan cepat tapi turun juga dengan cepat.

Reaksi orang yang berbeda

Tubuh setiap orang berbeda dan memiliki reaksi yang berbeda terhadap efek meminum kopi. Ada orang yang mengaku lesu setelah minum kopi, namun ada juga yang sebaliknya. Ada beberapa faktor penentunya, seperti jumlah air, jenis kafein, serta banyaknya gula yang ada dalam racikan kopi yang Anda minum. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar